IMPLEMENTASI MARKERLESS TRACKING AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN ORGAN DALAM TUBUH 3D GOOGLE SKETCHUP BERBASIS ANDROID

Lathifaturrahmah, Lathifaturrahmah (2017) IMPLEMENTASI MARKERLESS TRACKING AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN ORGAN DALAM TUBUH 3D GOOGLE SKETCHUP BERBASIS ANDROID. S1 Teknik Informatika thesis, Teknik Informatika.

[img]
Preview
Text
1343110_Sarjana_TI.pdf

Download (272kB) | Preview

Abstract

Organ manusia merupakan alat yang sangat vital dalam tubuh manusia. Pada prakteknya, pengenalan organ manusia pada siswa sekolah dasar membutuhkan alat peraga 3 dimensi yang hanya dimiliki oleh sekolah. Sedangkan anak usia sekolah dasar cenderung tertarik dengan hal-hal yang baru. Oleh karena itu dibutuhkan inovasi untuk menjembatani kedua permasalahan tersebut dengan aplikasi augmented reality untuk menarik minat dan membantu belajar siswa pada organ tubuh manusia. Peneliti merancang dan membangun aplikasi augmented reality. Pengembangan Unity, 3D Google SketcUp sebagai modelling, vuforia SDK untuk membentuk Augmented Reality. Aplikasi augmented reality game memiliki permainan yaitu soal yang diambil dari materi pengenalan organ tubuh manusia. Hasil penelitian diujicoba ke siswa Sekolah Dasar Negeri 003 Sungai Pinang Samarinda dengan mendemokan dan siswa mengoperasikan langsung. Berdasar data dari kuisioner, aplikasi yang dibuat dapat menarik dan membantu siswa belajar pada organ tubuh manusia. Kata Kunci: Organ Manusia, Augmented Reality, Markerless Tracking, 3D Google SketchUp, Android.

Item Type: Thesis (S1 Teknik Informatika)
Additional Information: Pembimbing 1 : M. Irwan Ukkas, S.Si,M.Kom Pembimbing 2 : Reza Andrea, M.Kom
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: Unnamed user with username Jannah
Date Deposited: 10 Dec 2017 23:20
Last Modified: 15 Jan 2019 02:09
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/780

Actions (login required)

View Item View Item