Bolkiah, Sultan Hassanal (2025) Evaluasi Usability Pada Aplikasi Rencana Pembelajaran Semester Menggunakan Metode System Usability Scale Pada STMIK Widya Cipta Dharma. S1 Sistem Informasi thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.
![]() |
Text
2141023-S1-Sistem Informasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
214023-S1-Jurnal.pdf Download (739kB) |
Abstract
Saat ini era digital, aplikasi berbasis web mempunyai peranan penting dalam mendukung kegiatan akademik, salah satunya adalah aplikasi rencan pembelajaran semester (RPS) di STMIK Widya Cipta Dharma. Aplikasi ini digunakan oleh dosen untuk Menyusun dokumen RPS yang berfungsi sebagai panduan pelaksanaan pemebelajaran. Salah satu aspek penting dalam penggunaan aplikasi adalah kemudahan pengguna (usability), karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi tingkat usability aplikasi RPS. Metode System Usability Scale Digunakan dalam penelitian ini. Metode SUS merupakan metode pengukuran usability yang bersifat praktis dan sederhana dengan menggunakan sepuluh pernyataan penilaian. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 30 responden yang menggunakan aplikasi RPS. Data kemudian diolah untuk menghasilkan skor SUS sebagai indikator tingkat usability aplikasi RPS. Berdasarkan hasil penelitian, diperloh nilai rata-rata skor SUS sebesar 58,33 yang menunjukkan bahwa aplikasi RPS dapat digunakan namun masih memiliki beberapa kekurangan dari sisi kenyaman penggunaan, kemudahan akses fitur, serta kelengkapan konten. Temuan ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi bagi pihal pengembang aplikasi untuk meningkatkan kualitas dan pengalaman pengguna pada aplikasi RPS. ============================================================ In the current digital era, web-based applications play an important role in supporting academic activities, one of which is the Semester Learning Plan (RPS) application at STMIK Widya Cipta Dharma. This application is used by lecturers to prepare RPS documents, which serve as a guide for the implementation of learning activities. One crucial factor in using an application is usability; therefore, this study aims to evaluate the usability level of the RPS application. The System Usability Scale (SUS) method is used in this research. SUS is a practical and simple usability measurement method consisting of ten assessment statements. Data was collected by distributing questionnaires to 30 respondents who are active lecturers using the RPS application. The collected data was then processed to obtain the SUS score as an indicator of the application's usability level. The results of the study show that the RPS application obtained an average SUS score of 58.33, indicating that the application can be used but still has several shortcomings in terms of user comfort, ease of access to features, and content completeness. These findings are expected to serve as input for application developers to improve the quality and user experience of the RPS application
Item Type: | Thesis (S1 Sistem Informasi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Hanifah Ekawati, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 : Salmon, S.Kom., M.Kom |
Uncontrolled Keywords: | usability, system usability scale, rps, evaluasi |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Sistem Informasi |
Depositing User: | Mr Sultan Bolkiah |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 01:12 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 01:12 |
URI: | http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/6206 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |