Pengembangan Game Edukasi Matching the Card menggunakan Algoritma Shuffle Random berbasis iOS

Haryadi, Fajar (2025) Pengembangan Game Edukasi Matching the Card menggunakan Algoritma Shuffle Random berbasis iOS. S1 Teknik Informatika thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
2043914-S1-Teknik Informatika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
2043914-S1-Jurnal.pdf

Download (906kB)

Abstract

Games are one of the implementations of computer science that has developed very rapidly. Games are also a form of educational application, meaning they can be used as a learning medium where the process can be carried out with the concept of learning while playing for children. Matching the Card is an educational game that tests memory by matching pairs of hidden cards. This game uses a random shuffle algorithm to randomize the position of the cards, creating new challenges in each session. The purpose of this development is to provide entertainment media that trains the user's memory and concentration in a fun way. With a simple interface and random shuffling mechanism, this game is designed to be dynamic and interesting. In this study, the method used to design software is the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) development method, which involves stages starting from conceptualization, design, material collecting, assembly, testing and distribution, as well as the use of tools such as the Unified Modeling Language (UML). The algorithm used is shuffle randomization where players cannot memorize the position of the playing image and make the game not boring and are able to apply a learning system while playing and become a good learning method among children aged 7-9 years because in this age range cognitive abilities, especially memory and concentration, are developing rapidly. The results of this study, based on beta testing that has been carried out on 10 student respondents, show that this educational game matching the card produces an average value of 84 which is included in the EXCELLENT category with a grade scale of A. This indicates that the Educational Game Matching the Card Using the iOS-Based Shuffle Random Algorithm can be used effectively. And in the black box test showed good results without any indication of error. ============================================================== Game adalah salah satu implementasi bidang ilmu komputer yang perkembangannya sudah sangat pesat. Game juga merupakan bentuk aplikasi yang edukatif, artinya bisa dijadikan sebagai media pembelajaran dimana prosesnya bisa dilakukan dengan konsep belajar sambil bermain untuk anak-anak. Matching the Card adalah permainan edukatif yang menguji daya ingat dengan mencocokkan pasangan kartu tersembunyi. Permainan ini menggunakan algoritma shuffle random untuk mengacak posisi kartu, sehingga menciptakan tantangan baru di setiap sesi. Tujuan dari pengembangan ini adalah menyediakan media hiburan yang melatih memori dan konsentrasi pengguna secara menyenangkan. Dengan antarmuka sederhana dan mekanisme pengacakan acak, permainan ini dirancang agar dinamis dan menarik. Dalam penelitian ini metode yang digunakan untuk merancang perangkat lunak adalah metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang melibatkan tahap-tahap mulai dari pengonsepan (concept), perancangan (design), pengumpulan materi (material collecting), pembuatan (assembly), pengujian (testing) dan pendistribusian (distribution), serta penggunaan alat bantu seperti Unified Modeling Language (UML). Algoritma yang digunakan adalah pengacakan shuffle dimana pemain tidak dapat menghapal posisi gambar bermain dan membuat permainan tidak membosankan serta mampu menerapkan sistem belajar sambil bermain dan menjadi metode pembelajaran yang baik dikalangan anak-anak dengan rentang usia 7-9 tahun karena pada rentang usia ini kemampuan kognitif, terutama daya ingat dan konsentrasi, sedang berkembang pesat. Hasil dari penelitian ini, berdasarkan pengujian beta testing yang telah dilakukan kepada 10 responden siswa/i, menunjukkan bahwa game edukasi matching the card ini menghasilkan nilai rata-rata 84 yang tergolong ke dalam kategori EXCELLENT dengan grade scale A. Hal tersebut mengindikasikan bahwa Game Edukasi Matching the Card Menggunakan Algoritma Shuffle Random Berbasis iOS dapat digunakan secara efektif. Serta dalam pengujian black box menunjukkan hasil yang baik tanpa adanya indikasi eror.

Item Type: Thesis (S1 Teknik Informatika)
Additional Information: Pembimbing 1 : Pitrasacha Adytia, S.T., M.T Pembimbing 2 : Wahyuni, S.Kom., M.Kom
Uncontrolled Keywords: game, ios, edukasi, algoritma, shuffle, matching, card.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: Mr. Fajar Haryadi
Date Deposited: 05 Aug 2025 04:51
Last Modified: 05 Aug 2025 04:51
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/6182

Actions (login required)

View Item View Item