Didit Christian, Nenosaet (2025) RANCANG BANGUN TAMPILAN SCOREBOARD DIGITAL BERBASIS INTERNET OF THINGS PADA LAPANGAN FUTSAL. S1 Teknik Informatika thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.
![]() |
Text
2043046_S1_Jurnal.pdf Download (553kB) |
![]() |
Text
2043046_S1_Teknik Informatika.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Scoreboard futsal tradisional umumnya hanya menampilkan skor, waktu, dan jumlah pelanggaran, dengan keterbatasan dalam hal fleksibilitas tampilan dan konektivitas. Kurangnya informasi tambahan seperti statistik pemain serta tidak adanya akses real-time bagi penonton di luar lokasi pertandingan menjadi tantangan dalam meningkatkan daya tarik pertandingan futsal. Oleh karena itu, rancangan dan pengembangan scoreboard digital berbasis Internet of Things (IoT) menjadi solusi yang lebih inovatif. Dengan fitur konektivitas real-time dan tampilan yang lebih fleksibel, scoreboard digital berbasis IoT dapat meningkatkan kualitas pertandingan futsal, memastikan fair play, serta memberikan pengalaman yang lebih interaktif dan informatif bagi pemain maupun penonton. Metode penelitian adalah rangkaian cara terstruktur atau sistematis yang digunakan oleh para peneliti dengan tujuan mendapatkan jawaban yang tepat atas apa yang menjadi pertanyaan pada objek penelitian serta menjadi dasar terstruktur dalam menyelesaikan setiap tahapnya. Secara mudahnya arti metode penelitian adalah upaya untuk mengetahui sesuatu dengan rangkaian sistematis. Untuk mengatasi hal tersebut, dikembangkan sistem scoreboard digital berbasis Internet of Things (IoT) yang dapat mencatat skor secara otomatis menggunakan kombinasi sensor photodioda, push button, LCD 16x2, dan Arduino Uno sebagai pengendali utama. Sensor photodioda mendeteksi bola yang masuk ke gawang, sementara push button memungkinkan pengaturan ulang atau koreksi skor. Pengujian sistem dengan metode blackbox dan whitebox menunjukkan bahwa sistem ini mampu mendeteksi skor dengan akurat, mengelola pembaruan skor secara real-time, serta memberikan tampilan skor yang jelas baik secara lokal maupun melalui integrasi IoT. Dengan fitur konektivitas real-time dan fleksibilitas tampilan, sistem ini dapat meningkatkan kualitas. ========================================= Traditional futsal scoreboards generally only display the score, time, and number of fouls, with limitations in terms of display flexibility and connectivity. The lack of additional information, such as player statistics, and the absence of real-time access for spectators outside the match venue pose challenges in enhancing the appeal of futsal matches. Therefore, the design and development of an Internet of Things (IoT)- based digital scoreboard provide a more innovative solution. With real-time connectivity features and a more flexible display, the IoT- based digital scoreboard can enhance the quality of futsal matches, ensure fair play, and provide a more interactive and informative experience for both players and spectators. The research method is a series of structured or systematic approaches used by researchers with the aim of obtaining accurate answers to the questions related to the research object, and serving as a structured foundation in completing each stage. In simple terms, the research method refers to the effort to gain knowledge through a systematic process. To address this, an Internet of Things (IoT)-based digital scoreboard system is developed, which can automatically record the score using a combination of photodiode sensors, a push button, a 16x2 LCD, and an Arduino Uno as the main controller. The photodiode sensors detect the ball entering the goal, while the push button allows for score reset or correction. System testing using blackbox and whitebox methods shows that this system is capable of accurately detecting scores, managing real-time score updates, and providing a clear score display both locally and through IoT integration. With real-time connectivity features and display flexibility, this system can enhance the overall quality.
Item Type: | Thesis (S1 Teknik Informatika) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Muhammad Fahmi,S.Kom., M.Kom. Pembimbing 2 : Andi Yusika Rangan, S.Kom., M.Kom. |
Uncontrolled Keywords: | Tampilan Scoreboard, Digital,IoT,Prototipe |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Teknik Informatika |
Depositing User: | Mr Didit Christian Nenosaet |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 05:57 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 05:57 |
URI: | http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/6060 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |