Singgi, Megarina Silviade (2025) Rancang Bangun Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Biologi Pada SMPN 2 Sangasanga. S1 Teknik Informatika thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.
![]() |
Text
2043114-S1-Jurnal.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
2043114-S1-Teknik Informatika.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan biologi sering kali menghadapi tantangan dalam menyampaikan konsep-konsep kompleks kepada siswa. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini mengembangkan aplikasi augmented reality (AR) sebagai media pembelajaran di SMPN 2 Sangasanga. Dengan memanfaatkan teknologi AR, siswa dapat berinteraksi dengan objek-objek biologis secara visual dan praktis, sehingga meningkatkanpemahamanmerekaterhadapmateripelajaran. Rancangan ini meliputi pembuatan konten AR yang menarik dan relevan, serta pengujian efektivitas aplikasi dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa.Metodepenelitianmenggunakanpendekatankuantitatifdenganpre-testdan post-test untuk mengukur perubahan pemahaman siswa setelah menggunakan media AR. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahamankonsepbiologisiswasertapeningkatanmotivasibelajar. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan augmented reality sebagai media pembelajaran dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan kualitaspembelajaranbiologidisekolahmenengahpertama. ============================================================ Biology education often faces challenges in conveying complex concepts to students. To overcome this problem, this study developed an augmented reality (AR) application as a learning medium at SMPN 2 Sangasanga. By utilizing AR technology, students can interact with biological objects visually and practically, therebyimprovingtheirunderstandingofthesubjectmatter. This design includes creating interesting and relevant AR content, as well as testing the effectiveness of the application in improving student interest and learning achievement. The research method uses a quantitative approach with a pre-test and post-test to measure changes in student understandingafter using AR media. The results of the study showed a significant increase in students' understandingofbiologyconceptsandincreasedlearningmotivation. From this study, it can be concluded that the use of augmented reality as a learning medium can be an innovative solution to improve the quality of biology learninginjuniorhighschools.
Item Type: | Thesis (S1 Teknik Informatika) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Andi Yusika Rangan, S.Kom., M.Kom Pembimbing 2 : Kusnandar, SE., M.Pd., M.Kom |
Uncontrolled Keywords: | Aplikasipembelajaran Biologi,Android,SMPN 2 Sangasanga, MultimediaDevelopmentLifeCycle(MDLC), BlackBoxTesting,BetaTesting. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Teknik Informatika |
Depositing User: | Ms Megarina Silviade Singgi |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 06:08 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 06:08 |
URI: | http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/6022 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |