Habibullah, Muhammad Hady (2018) Media Pembelajaran Mengenal Hewan Purba Dengan Augmented Reality. S1 Teknik Informatika thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.
Text
1443097-S1-Teknik Informatika.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memanfaatkan teknologi Augmented Reality sebagai media pembelajaran mengenal hewan purba dinosaurus yang telah lama punah. Aplikasi media pembelajaran mengenal hewan purba menerapkan dalam sebuah buku/kartu yang telah diberi marker dengan menggunakan teknologi Augmented Reality yang berguna untuk menunjang pembelajaran siswa. Menciptakan visualisasi pada buku pelajaran yang menunjang teknologi Augmented Reality pada Android. Mengembangkan aplikasi Augmented Reality (AR) pada buku pelajaran yang dapat di-scale, rotate, move yang dan ditampilkan kedalam bentuk 3D. Metode dalam penelitian ini,teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Interview, Observasi, dan studi pustaka. Pengujian aplikasi dilakukan dengan menggunakan pengujian betatesting dan questioner Hasil dari penelitian ini adalah dibuatnya aplikasi Media Pembelajaran Mengenal Hewan Purba ini siswa dapat mengetahui bentuk hewan purba Dinosaurus dalam bentuk Real atau 3 Dimensi. Siswa juga dapat melihat informasi ketika objek muncul dan dapat mengetauhi suara dari objek tersebut ketika menekan tombol Play Sound. ========================================================= The purpose of this research is to harness the technology of Augmented Reality as a medium of learning to know the ancient animal dinosaurs that have long been extinct. Learning media applications to know the ancient animals apply in a book/cards that have been given a marker by using the technology of Augmented Reality, which is useful to support student learning. Create visualizations on textbooks that support the technology of Augmented Reality on Android. Develop applications of Augmented Reality (AR) in the book/cards that can show the dinosaurs into 3D form and could scale, rotate, move. The method in this research data collection techniques used are Interviews, observation, and study of the literature. Application testing is performed using betatesting and questioner. The results of this research are Learning Media applications have been made acquainted with Animals Dinosaurs. Students can find out the shape of a dinosaur in Real or 3 dimensions on Android’s monitor. Students can also see the information when an object appears and can figure out the sound from the object while pressing the Play button Sound
Item Type: | Thesis (S1 Teknik Informatika) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Jundro Daud Hasiholan, M.Kom Pembimbing 2 : M. Irwan Ukkas, S.Si,M.Kom |
Uncontrolled Keywords: | Multimedia, Augmented Reality, Hewan Purba. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Teknik Informatika |
Depositing User: | Mr Muhammad Hady Habibullah |
Date Deposited: | 20 Aug 2018 03:04 |
Last Modified: | 11 Jan 2019 07:50 |
URI: | http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/1514 |
Actions (login required)
View Item |