SANTOSO, JOKO (2023) Rancang Bangun Prototype Control Gardu Distribusi Untuk Customer Electric Safety Pada Pt.Pln (Persero) Unit Layanan Pelanggan Tenggarong Berbasis IoT. S1 Teknik Informatika thesis, STMIK WIDYA CIPTA DHARMA.
Text
1843125-S1-JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) | Request a copy |
|
Text
1843125-S1-TEKNIK INFORMATIKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
PT.PLN(Persero) merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ditunjuk sebagai penyedia tenaga listrik guna memenuhi kebutuhan listrik bagi kepentingan umum masyarakat Indonesia. PT.PLN(Persero) sebagai satu-satunya badan yang bertanggungjawab atas pelayanan listrik harus memenuhi kebutuhan masyarakat dengan menyediakan energi listrik yang handal bagi konsumennya seperti yang tercantum dalam UU No. 30 Tahun 2009 tentang ketenagalistrikan. Untuk diketahui di lingkungan masyarakat Kabupaten Kutai Kartanegara khususnya masyarakat di Kecamatan Muara Kaman adalah bagian dari wilayah kerja PT.PLN(Persero) Unit Layanan Pelanggan Tenggarong. Dengan kondisi geografis yang didominasi oleh perairan Sungai Mahakam masayarakat di Kecamatan Muara Kaman lebih memilih untuk bermukim di sepanjang tepian Sungai Mahakam. Sering terjadinya bencana banjir musiman akibat dari curah hujan yang tinggi maupun luapan dari Sungai Mahakam yang berakibat pada banjir dengan level sedang dan tinggi di beberapa titik lokasi tepian dari Sungai Mahakam. Tentu dengan adanya musibah banjir tersebut terdapat beberapa Gardu Distribusi milik PLN yang berfungsi untuk menyalurkan aliran arus listrik ke rumah masyarakat yang terendam air banjir dan berisiko berbahaya terhadap keselamatan jiwa masyarakat. Dengan dipasangnya alat rancang bangun prototype control gardu distribusi untuk customer electric safety pada PT.PLN(Persero) Unit Layanan Pelanggan Tenggarong berbasis IoT diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pihak PT.PLN(Persero) dalam menjalankan tugas pelayanan kepada masyarakat dan manfaat bagi masyarakat dapat dipastikan keselamatannya aman dari bahaya arus listrik saat terjadi bencana banjir. Penelitian ini dilaksanakan pada PT.PLN(Persero) Unit Layanan Pelanggan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Desain sistem dari rancang bangun prototype control gardu distribusi untuk customer electric safety pada PT.PLN(Persero) Unit Layanan Pelanggan Tenggarong berbasis IoT ini menggunakan Flowchart Pengujian sistem yang dilakukan yaitu dengan menggunakan Pengujian Black-Box. v Rancang bangun prototype control gardu distribusi untuk customer electric safety pada PT.PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Tenggarong berbasis IoT ini diharapkan agar Menambah ilmu dan pengalaman bagi penulis dalam bidang pengembangan pemanfaatan teknologi Internet of Things (IoT) dan juga untuk menunjang kinerja PLN pada prespektif kepemimpinan yaitu keselamatan ketenagalistrikan dan lingkungan hidup. ============================================================= PT PLN (Persero) is a State-Owned Enterprise (BUMN) appointed as a provider of electricity to meet electricity needs for the public interest of the Indonesian people. PT PLN Persero as the only agency responsible for electricity services must meet the needs of the community by providing reliable electrical energy for its consumers as stated in Law no. 30 of 2009 concerning electricity. It should be noted that the people of Kutai Kartanegara Regency, especially the people in Muara Kaman District, are part of the work area of PT PLN (Persero) Tenggarong Customer Service Unit. With geographical conditions dominated by the waters of the Mahakam River, the people in Muara Kaman District prefer to live along the banks of the Mahakam River. The frequent occurrence of seasonal floods is a result of high rainfall and overflow of the Mahakam River which results in moderate and high level flooding at several points on the banks of the Mahakam River. Of course, with the flood disaster, there are several Distribution Substations owned by PLN which function to distribute electricity to people's homes which are submerged in flood waters and are at risk of being dangerous to the safety of people's lives. With the installation of a distribution substation control prototype design tool for customer electric safety at PT. PLN (Persero) IoT-based Tenggarong Customer Service Unit is expected to provide benefits for PT. PLN (Persero) in carrying out the task of serving the community and benefiting the community can be ensured that their safety is safe from the dangers of electric currents during a flood disaster. This research was conducted at PT. PLN (Persero) Tenggarong Customer Service Unit, Muara Kaman District, Kutai Kartanegara Regency, East Kalimantan Province. The system design of the distribution substation control prototype design for customer electric safety at PT.PLN (Persero) Tenggarong Customer Service Unit based on IoT uses a Flowchart. System testing is carried out using Black-Box Testing. vii The design of the distribution substation control prototype for customer electric safety at PT.PLN (Persero) Tenggarong Customer Service Unit based on IoT is expected to add knowledge and experience for writers in the field of developing the use of Internet of Things (IoT) technology and also to support PLN's performance from a leadership perspective, namely electricity safety and the environment.
Item Type: | Thesis (S1 Teknik Informatika) |
---|---|
Additional Information: | Drs. Azahari M.Kom Kusno Harianto, S.Kom., M.Kom |
Uncontrolled Keywords: | Rancang Bangun, Prototype, Gardu, IoT |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Teknik Informatika |
Depositing User: | Mr JOKO Santoso |
Date Deposited: | 24 Aug 2023 07:20 |
Last Modified: | 24 Aug 2023 07:20 |
URI: | http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/4988 |
Actions (login required)
View Item |