Rancang Bangun Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Biologi Pada SMPN 2 Sangasanga

Singgi, Megarina Silviade (2025) Rancang Bangun Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Biologi Pada SMPN 2 Sangasanga. S1 Teknik Informatika thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
2043114-S1-Jurnal.pdf

Download (210kB)
[img] Text
2043114-S1-Teknik Informatika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan biologi sering kali menghadapi tantangan dalam menyampaikan konsep-konsep kompleks kepada siswa. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini mengembangkan aplikasi augmented reality (AR) sebagai media pembelajaran di SMPN 2 Sangasanga. Dengan memanfaatkan teknologi AR, siswa dapat berinteraksi dengan objek-objek biologis secara visual dan praktis, sehingga meningkatkanpemahamanmerekaterhadapmateripelajaran. Rancangan ini meliputi pembuatan konten AR yang menarik dan relevan, serta pengujian efektivitas aplikasi dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa.Metodepenelitianmenggunakanpendekatankuantitatifdenganpre-testdan post-test untuk mengukur perubahan pemahaman siswa setelah menggunakan media AR. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahamankonsepbiologisiswasertapeningkatanmotivasibelajar. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan augmented reality sebagai media pembelajaran dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan kualitaspembelajaranbiologidisekolahmenengahpertama. ============================================================ Biology education often faces challenges in conveying complex concepts to students. To overcome this problem, this study developed an augmented reality (AR) application as a learning medium at SMPN 2 Sangasanga. By utilizing AR technology, students can interact with biological objects visually and practically, therebyimprovingtheirunderstandingofthesubjectmatter. This design includes creating interesting and relevant AR content, as well as testing the effectiveness of the application in improving student interest and learning achievement. The research method uses a quantitative approach with a pre-test and post-test to measure changes in student understandingafter using AR media. The results of the study showed a significant increase in students' understandingofbiologyconceptsandincreasedlearningmotivation. From this study, it can be concluded that the use of augmented reality as a learning medium can be an innovative solution to improve the quality of biology learninginjuniorhighschools.

Item Type: Thesis (S1 Teknik Informatika)
Additional Information: Pembimbing 1 : Andi Yusika Rangan, S.Kom., M.Kom Pembimbing 2 : Kusnandar, SE., M.Pd., M.Kom
Uncontrolled Keywords: Aplikasipembelajaran Biologi,Android,SMPN 2 Sangasanga, MultimediaDevelopmentLifeCycle(MDLC), BlackBoxTesting,BetaTesting.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: Ms Megarina Silviade Singgi
Date Deposited: 07 Feb 2025 06:08
Last Modified: 07 Feb 2025 06:08
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/6022

Actions (login required)

View Item View Item