ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KARTU KUNING (AK-1) BERBASIS FUZZY SERVQUAL DI DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KUTAI BARAT

Angela Marici, Stefani (2024) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KARTU KUNING (AK-1) BERBASIS FUZZY SERVQUAL DI DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KUTAI BARAT. S1 Sistem Informasi thesis, STMIK WIDYA CIPTA DHARMA.

[img] Text
1841113-S1-JURNAL.pdf

Download (320kB)
[img] Text
1841113-S1-Sistem Informasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Angela Marici Stefani, 2024, Analisis Kualitas Pelayanan Kartu Kuning (AK-1) Berbasis Fuzzy Servqual di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kutai Barat. Skripsi Program Studi Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Cipta Dharma. Pembimbing Utama Kusno Harianto S.Kom., M.Kom., Pembimbing Pendamping Pitrasacha Adytia ST, MT. Kata Kunci : Analisis, Kualitas Pelayanan, Fuzzy Servqual. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi merupakan unsur pelaksana urusan pemerintahan di bidang tenaga kerja dan transmigrasi dan memiliki pelayanan langsung kepada masyarakat yaitu pada bidang penempatan kerja yang memiliki tugas membuat surat pengantar kerja atau biasa disebut dengan “kartu kuning”. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang akan digunakan berupa kuesioner dan studi pustaka yang merupakan landasan teori yang akan digunakan. Metode yang akan digunakan adalah Fuzzy Servqual dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kutai Barat Provinsi Kalimantan Timur sebagai studi kasusnya. Hasil dari penelitian yang diperoleh yaitu didapatkan nilai rata-rata gap negatif tertinggi dengan nilai sebesar -0.8967 pada dimensi tangible dan terdapat atribut tertinggi yang perlu diperbaiki pada dimensi tersebut yaitu pada atribut ke 3 dan ke 4, selanjutnya dimensi reliability dengan nilai rata-rata gap sebesar - 0.3506 dan dimensi assurance dengan nilai rata-rata gap sebesar -0.1907. Selanjutnya dimensi responsiveness mendapatkan nilai rata-rata gap sebesar - 0.1734 dan dimensi dengan nilai negatif terendah pada dimensi empathy dengan nilai rata-rata gap sebesar -0.0356 =========================================================================================================== ABSTRACT Angela Marici Stefani, 2024, Analysis of Yellow Card (AK-1) Service Quality Based on Fuzzy Servqual at the West Kutai Manpower and Transmigration Service. Information Systems Study Program Thesis, Widya Cipta Dharma College of Information and Computer Management. Main Supervisor Kusno Harianto S.Kom., M.Kom., Assistant Supervisor Pitrasacha Adytia ST, MT. Keywords: Analysis, Service Quality, Fuzzy Servqual. The Manpower and Transmigration Service is the implementing element of government affairs in the field of labor and transmigration and has direct services to the community, namely in the field of job placement which has the task of making job cover letters or what is usually called a "yellow card". In this research, the data collection methods that will be used are questionnaires and literature studies which are the theoretical basis that will be used. The method that will be used is Fuzzy Servqual with the Manpower and Transmigration Service, West Kutai Regency, East Kalimantan Province as the case study. The results of the research obtained are that the highest negative gap average value is -0.8967 in the tangible dimension and there are the highest attributes that need to be improved in this dimension, namely the 3rd and 4th attributes, then the reliability dimension with the average gap value of -0.3506 and the assurance dimension with an average gap value of -0.1907. Furthermore, the responsiveness dimension gets an average gap value of -0.1734 and the dimension with the lowest negative value is the empathy dimension with an average gap value of -0.0356

Item Type: Thesis (S1 Sistem Informasi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Kusno Harianto, S.Kom., M.Kom Pembimbing 2 : Pitrasacha Adytia, S.T., M.T.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Analisis, Kualitas Pelayanan, Fuzzy Servqual.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Sistem Informasi
Depositing User: Angela Marici Stefani Fani
Date Deposited: 09 Aug 2024 00:42
Last Modified: 09 Aug 2024 00:42
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/5831

Actions (login required)

View Item View Item