PEMBELAJARAN BANGUN RUANG BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKER AUGMENTED REALITY

Satria, Bagus (2015) PEMBELAJARAN BANGUN RUANG BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKER AUGMENTED REALITY. S1 Teknik Informatika thesis, Teknik Informatika.

[img] Text
1143102_Sarjana_TI (gbisa up, gada cd ada pemb).pdf

Download (586kB)

Abstract

Siswa SMP merasa kesulitan dalam memahami materi bangun ruang, karena tanpa alat peraga mereka hanya mampu membayangkan saja atau mengimajinasikan sendiri objek bangun ruang tersebut. Karena itu dibutuhkan aplikasi yang dapat menampilkan bentuk bangun ruang 3 dimensi agar siswa dapat memahami bentuk dari masing-masing bangun ruang Pembelajaran bangun ruang berbasis augmented reality dengan metode marker augmented reality adalah aplikasi multimedia yang menggabungkan data grafis bentuk bangun ruang 3 dimensi dengan media buku. Menampilkan bangun ruang seperti kubus, balok, prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola, beserta elemen-elemen dan rumus-rumus yang berlaku pada bangun ruang tersebut. Dengan metode marker augmented reality yang mengidentifikasi pola dari marker untuk menampilkan objek virtual kedunia nyata. Dengan menggunakan tahapan pengembangan multimedia yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution agar dalam membangun pembelajaran bangun ruang berbasis augmented reality dengan terstruktur. Aplikasi ini dapat menjadi salah satu media pembelajaran alternatif materi bangun ruang untuk tingkat SMP. Kata Kunci: ARToolkit, Blender, Augmented Reality, Pembelajaran, Bangun Ruang.

Item Type: Thesis (S1 Teknik Informatika)
Additional Information: Pembimbing 1 : Awang Harsa Kridalaksana, M.Kom Pembimbing 2 : Andi Yusika R, M.Kom
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: Unnamed user with username May
Date Deposited: 08 Dec 2017 14:19
Last Modified: 17 Jan 2019 02:54
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/575

Actions (login required)

View Item View Item