Membangun Edugame Cerdas Flora The Explorer Dengan Pemodelan Finite State Machine

Hotijah, Siti (2018) Membangun Edugame Cerdas Flora The Explorer Dengan Pemodelan Finite State Machine. S1 Teknik Informatika thesis, STMIK WIDYA CIPTA DHARMA.

[img] Text
1443066-S1-Teknik Informatika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Game edukasi sangat menarik untuk dikembangkan. Ada beberapa kelebihan dari game edukasi dibandingkan dengan metode edukasi konvesional. Salah satu kelebihan utama game edukasi adalah visualisasi dari permasalahan nyata. Game edukasi berbasis simulasi didesain untuk mensimulasikan permasalahan yang ada sehingga diperoleh ilmu yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Game simulasi dengan tujuan edukasi ini dapat digunakan sebagai salah satu media edukasi yang memiliki pola pembelajaran learning by doing. Berdasarkan pola yang dimiliki oleh game tersebut, pemain dituntut untuk belajar sehingga dapat menyelesaikan permasalahan yang ada. Membangun Edugame "Flora The Explorer" merupakan sebuah edugame pengembangan permainan Random Game yang dirancang untuk mengasah daya tanggap anak. Dalam permainan ini pemain harus memecahkan gelembung-gelembung tumbuhan dimana pemain harus dengan cepat dan teliti untuk memecahkan gelembung-gelembung tumbuhan. Algoritma pengacakan shuffle diterapkan dalam penelitian ini, dengan tujuan membuat susunan posisi gambar selalu teracak dan permainan menjadi tidak monoton dan membosankan. Teknologi AI (kecerdasan buatan) juga diterapkan pada penelitian ini. Menggunakan metode model Finite State Machine (FSM), permainan yang dibangun akan memiliki karakter game agent yang akan membuat permainan lebih menarik. =========================================================Educational games are very interesting to develop. There are several advantages of educational games compared to conventional educational methods. One of the main advantages of educational games is the visualization of the real issues. Simulation-based educational games are designed to simulate existing problems so that science can be used to solve the problem. This simulation game with educational purpose can be used as one of education media which has learning by doing learning pattern. Based on the pattern possessed by the game, players are required to learn so as to solve existing problems. Building Edugame "Flora The Explorer" is an edugame Random Game development game designed to hone the child's responsiveness. In this game the player must break the bubbles of the plant where the player must quickly and thoroughly to break the bubbles of plants. The shuffling algorithm is applied in this study, with the aim of making the image positioning always invisible and the game not monotonous and boring. AI technology (artificial intelligence) is also applied to this research. Using the Finite State Machine (FSM) modeling method, games built will have game agent characters that will make the game more interesting.

Item Type: Thesis (S1 Teknik Informatika)
Additional Information: Pembimbing 1 : M. Irwan Ukkas, S.Si,M.Kom Pembimbing 2 : Reza Andrea, M.Kom
Uncontrolled Keywords: Flora, edugame, shuffle random, FSM
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: Ms Siti Hotijah
Date Deposited: 17 Feb 2018 03:07
Last Modified: 11 Jan 2019 07:57
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/940

Actions (login required)

View Item View Item