Sukiman, Suwarno (2018) Sistem Informasi Layanan Inisiasi Servis Kendaraan Berbasis SMS Gateway Pada Nissan Datsun sempaja Samarinda. S1 Sistem Informasi thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.
Text
1341025-S1-SISTEM INFORMASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Suwarno, 2018, Sistem Informasi Layanan Inisisasi Servis Kendaraan Berbasis SMS Gateway Pada Nissan Datsun Sempaja Samarinda. Skripsi Program Studi Sistem Informasi , Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Cipta Dharma. Pembimbing I: H. Tommy Bustomi, S.Kom., M.Kom, Pembimbing II: Siti Lailiyah, S.Kom., M.Kom. Kata kunci: Sistem Informasi, Inisiasi, Servis, Gammu, SMS Gateway. PT. Wahana Sumber Lestari Samarinda sebagai dealer resmi Nissan Datsun di Samarinda adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan, perawatan, dan penyedia suku cadang kendaraan Nissan Datsun. Layanan purna jual tentang inisiasi servis menggunakan media telephone atau pelanggan datang untuk melakukan kegiatan inisiasi servis seperti booking servis. Seorang admin melakukan pencarian data pelanggan dan data kendaraan yang harus melakukan servis kendaraan dan mengingatkan pelanggan lewat telephone. Selanjutnya pelanggan melakukan booking servis lewat telephone atau datang langsung. Hal ini tentu saja menghambat proses layanan inisiasi servis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu sistem layanan inisiasi servis yang menggunakan media web yang terhubung SMS gateway sebagai pengirim dan penerima pesan SMS sehingga sistem secara otomatis bisa melakukan proses inisiasi servis. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi lapangan, wawancara, studi pustaka. Metode pengembangan sistem menggunakan model waterfall. Metode pengujian menggunakan pengujian blackbox dan metode pengujian beta. Dari hasil implementasi sistem, disimpulkan bahwa dengan penggunaan Sistem Informasi Layanan Inisiasi Servis Kendaraan Berbasis SMS Gateway Pada Nissan Datsun Sempaja Samarinda memberikan kemudahan dalam proses inisiasi servis dan pendataan pada layanan inisiasi servis kendaraan pada Nissan Datsun Sempaja Samarinda. ========================================================= Suwarno, 2018. The Information System of Service Initiation Vehicle’s Maintenance Based SMS Gateway At Nissan Datsun Sempaja Samarinda. Thesis of Information System major at Information and Computer Management Widya Cipta Dharma Academy. First Adviser : H. Tommy Bustomi, S.Kom., M.Kom, Second Adviser : Siti Lailiyah, S.Kom., M.Kom. Keyword : Information System, Initiation, Vehicle’s Maintenance, Gammu, SMS Gateway. PT. Wahana Sumber Lestari Samarinda as authorized dealer of Nissan Datsun on Samarinda is a company engaged in the sales, maintenance, sparepart Nissan Datsun Vehicles. After sales services about service initiation uses the media telephone or the customers come to do service initiation activity such as booking service. Officer searchs data of customers and vehicles to be serviced and reminds customers by phone. Then, the customers make a booking service by phone or they come to dealer. Of course, it is disturb service initiation process. The purpose of this study is to produce a service initiation system that uses web media that connected with SMS gateway as sender and recipient of SMS message so that service initiation process can be done automatically. In this study, data collection techniques used are field studies, interwiews, literature study. The system developmet method uses waterfall model. The test method uses blackbox testing and beta testing methods. From the result of system implementation, it is concluded that with the use of The Information System of Service Initiation Vehicle’s Maintenance Based SMS Gateway At Nissan Datsun Sempaja Samarinda provides convenience in sevice initiation process and data collection of service initiation vehicle’s maintenance on Nissan Datsun Sempaja Samarinda.
Item Type: | Thesis (S1 Sistem Informasi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : H. Tommy Bustomi, M.Kom Pembimbing 2 : Siti Lailiyah, M.Kom |
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi, Inisiasi, Servis, Gammu, SMS Gateway,Information System, Initiation, Vehicle’s Maintenance, Gammu, SMS Gateway |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Depositing User: | Mr Suwarno Sukiman |
Date Deposited: | 15 Feb 2018 05:37 |
Last Modified: | 12 Jan 2019 02:16 |
URI: | http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/902 |
Actions (login required)
View Item |