APLIKASI PENGENALAN RUMAH ADAT MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKER BASED TRACKING BERBASIS ANDROID

Merikorius Luhat, Densianus (2017) APLIKASI PENGENALAN RUMAH ADAT MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKER BASED TRACKING BERBASIS ANDROID. S1 Teknik Informatika thesis, Teknik Informatika.

[img]
Preview
Text
1343039_Sarjana_TI.pdf

Download (392kB) | Preview

Abstract

Rumah adat tradisional merupakan bangunan rumah yang mencirikan atau khas bangunan suatu daerah di Indonesia yang melambangkan kebudayaan dan ciri khas masyarakat setempat. Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki keragaman dan kekayaan budaya, beraneka ragam bahasa dan suku dari sabang sampai merauke sehingga Indonesia memiliki banyak koleksi rumah adat tradisional. Hingga saat ini masih banyak suku atau daerah-daerah di Indonesia yang masih mempertahankan rumah adat sebagai usaha untuk memelihara nilai – nilai budaya yang kian tergeser oleh budaya modernisasi. Penelitian dilaksanakan Penelitian ini dilaksanakan di SDN 015 Jalan Anggur No 34 Kelurahan Sidodadi Samarinda dengan menggunakan metode marker based trackingDari hasil implementasi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan aplikasi yang dibuat yaitu Aplikasi Pengenalan Rumah Adat dapat mempermudah proses pembelajaran pengenalan rumah adat dengan mengunakan smartphone dan buku marker. Kata Kunci:Aplikasi, Rumah Adat, Augmented Reality, Marker Based Tracking,Android.

Item Type: Thesis (S1 Teknik Informatika)
Additional Information: Pembimbing 1 : Reza Andrea, M.Kom Pembimbing 2 : Hj. Ekawati Yulsilviana, SP.,MM
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: Unnamed user with username Jannah
Date Deposited: 10 Dec 2017 16:42
Last Modified: 15 Jan 2019 02:40
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/775

Actions (login required)

View Item View Item