Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Pada Toko Enoysnofficial Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index

Zaini, Ahmad (2025) Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Pada Toko Enoysnofficial Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index. S1 Sistem Informasi thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
2041044-S1-Jurnal.pdf

Download (463kB)
[img] Text
2041044-S1-Sistem Informasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan di Toko Enoysnofficial, yang berfokus pada kebutuhan pelanggan dalam kategori perlengkapan ibu dan anak. Subjek penelitian adalah pelanggan atau konsumen aktif yang telah bertransaksi di toko ini, dengan pengumpulan data dilakukan selama Desember 2024 hingga Januari 2025. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab kebutuhan toko dalam memahami tingkat kepuasan pelanggan yang berperan penting dalam menciptakan loyalitas dan mempertahankan daya saing di pasar online. Metode penelitian mencakup penyebaran kuesioner online melalui Google Form, observasi langsung ke toko, serta wawancara dengan pemilik toko. Studi ini menerapkan analisis uji validitas dan uji reabilitas kemudian dihitung dengan metode Customer Satisfaction Index (CSI) kemudian software yang digunakan yaitu SPSS 25 dari hasil tersebut dapat menunjukkan atribut-atribut pelayanan utama yang memengaruhi kepuasan pelanggan, seperti keandalan, daya tanggap, dan jaminan. Hasil dari analisis tingkat kepuasan pelanggan toko enoysnofficial terhadap pelayanan dari pihak toko dengan metode CSI adalah sangat puas di mana memperoleh hasil sebesar 93,68%. Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi strategis kepada Toko Enoysnofficial untuk meningkatkan kualitas pelayanan, dengan fokus pada atribut-atribut prioritas yang diidentifikasi. Temuan dapat menjadi referensi bagi penelitian lain yang berfokus pada evaluasi kepuasan pelanggan di sektor e-commerce. ============================================================ Study This aiming For analyze level satisfaction customer to service at Enoysnofficial Store, which focuses on needs customer in category equipment mother and child. The subjects of the study were active customers or consumers who had made transactions at this store, with data collection conducted during December 2024 to January 2025. This study was conducted to answer the store's needs in understanding the level of customer satisfaction which plays an important role in creating loyalty and maintaining competitiveness in the online market. The research method includes distributing online questionnaires through Google Form, direct observation to the store, and interviews with store owners. This study applies validity test analysis and reliability test and then calculated by the Customer Satisfaction Index (CSI) method then the software used is SPSS 25 from these results can show the main service attributes that affect customer satisfaction, such as reliability, responsiveness, and assurance. The result of the analysis of the level of customer satisfaction of the enoysnofficial shop on the service of the shop with the CSI method is very satisfied where the result is 93.68%. The results of this study provide strategic recommendations to Enoysnofficial Stores to improve service quality, focusing on the priority attributes identified. The findings can be a reference for other studies that focus on evaluating customer satisfaction in the e-commerce sector.

Item Type: Thesis (S1 Sistem Informasi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs. Azahari, M.Kom Pembimbing 2 : Hanifah Ekawati, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kepuasan, Customer Satisfaction Index.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Sistem Informasi
Depositing User: Mr. Ahmad Zaini
Date Deposited: 06 Aug 2025 07:59
Last Modified: 06 Aug 2025 07:59
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/6199

Actions (login required)

View Item View Item