Duatan, Julianto (2025) Penggunaan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Virus Untuk Kelas X SMA Berbasis Android. S1 Teknik Informatika thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.
![]() |
Text
1943097-S1-Teknik Informatika.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
1943097-S1-Jurnal.pdf Download (879kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran pengenalan Virus yang lebih menarik dan interaktif bagi seluruh siswa-siswi kelas X SMA. Dengan mengimplementasikan teknologi AR, siswa-siswi kelas x SMA dapat mengetahui berbagai informasi mengenai virus, mulai dari penjelasan tentang virus, nama virus, bentuk virus, serta penyakit yang dapat disebabkan oleh virus.tersebut agar dapat disampaikan dengan cara yang lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa-siswi kelas x sma serta memudahkan guru matapembelajaran biologi dalam menjelaskan materi pembelajaran virus. Selain metode pembelajaran konvensional yang berbentuk 2d (buku), penggunaan AR bertujuan untuk memperkaya dan meningkatkan efektivitas pembelajaran mata pelajaran biologi terkhususnya virus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembangunan aplikasi AR berbasis Android dimulai dengan membangun desain antarmuka menggunakan perangkat lunak Canva, Unity 2022 sebagai program utama, dan Blender untuk pembuatan model 3D. Proses pengembangan aplikasi mengikuti model pengembangan multimedia yang terdiri dari enam tahap: Concept (Konsep), Design (Desain), Material Collecting (Pengumpulan Materi), Assembly (Perakitan), Testing (Pengujian), dan Distribution (Distribusi). Pengujian sistem dilakukan dengan metode Beta Testing untuk memastikan fungsi aplikasi berjalan sesuai yang diharapkan. Hasil dari Penelitian Penggunaan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Virus Untuk Kelas X SMA Berbasis Adroid dapat diselesaikan dengan menggunakan program unity 2022. Kemudian didistribusikan kepada siswa-siswi serta guru mata pembelajaran biologi yang memerlukan informasi tentang materi pembelajaran virus. =========================================================== His study aims to develop an Augmented Reality (AR) application as a learning medium for introducing viruses in a more engaging and interactive way for all 10th-grade high school students. By implementing AR technology, 10th-grade students can access various information about viruses, including explanations about viruses, their names, shapes, and the diseases they can cause, presented in a more interesting and easily understandable manner. This also aims to assist biology teachers in explaining virus-related materials. In addition to conventional 2D learning methods (books), the use of AR is intended to enrich and enhance the effectiveness of learning in biology, particularly regarding viruses. The method used in this research is the development of an Android-based AR application starting with building an interface design using Canva software, Unity 2022 as the main program, and Blender for creating 3D models. The application development process follows a multimedia development model which consists of six stages: Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, and Distribution. System testing is carried out using the Beta Testing method to ensure application functions run as expected. The results of the research on the use of Augmented Reality as a learning medium for introducing viruses for 10th-grade high school students based on Android can be completed using the Unity 2022 program. The application is then distributed to students and biology teachers who need information about virus learning materials.
Item Type: | Thesis (S1 Teknik Informatika) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Kusnandar, SE, M.Pd. M.Kom Pembimbing 2 : Andi Yusika Rangan, S.Kom., M.Kom |
Uncontrolled Keywords: | AR, MDLC, Virus |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Teknik Informatika |
Depositing User: | Mr Duatan Julianto |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 05:38 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 05:38 |
URI: | http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/6077 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |