Abdurahman, Amin (2025) Implementasi Chatbot Sebagai Asisten Virtual Untuk Membantu Mahasiswa Dalam Mendapatkan Informasi Akademik. S1 Teknik Informatika thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.
![]() |
Text
2043032_S1_Teknik Informatika.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
2043032_S1_Jurnal.pdf Download (1MB) |
Abstract
Abdurahman Amin, 2025, Implementasi Chatbot Sebagai Asisten Virtual Untuk Membantu Mahasiswa Dalam Mendapatkan Informasi Akademik. Skripsi jurusan Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Cipta Dharma, Pembimbing (I) H. Tommy Bustomi, S.Kom., M.Kom. Pembimbing (II) Kusno Harianto, S.Kom., M.Kom. Penelitian dilakukan untuk dapat membuat sebuah aplikasi chatbot sebagai asisten virtual yang nantinya jika penelitian ini berhasil bisa membantu mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Cipta Dharma dalam mendapatkan informasi seputar akademik. Penelitian ini dilakukan di Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Cipta Dharma. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara yang mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan chatbot. Dengan cara studi pustaka, yaitu dengan mempelajari jurnal atau artikel yang berkaitan dengan chatbot. Dalam penelitian ini metode pengembangan yang digunakan adalah linear sequential dengan perangkat lunak pendukung yang digunakan adalah Visual Studio Code dan Android Studio. Adapun hasil akhir dari penelitian ini yakni berupa Implementasi chatbot sebagai asisten virtual dapat membantu mahasiswa dalam mendapatkan informasi akademik, pengguna dapat menerima informasi yang diinginkan seputar akademik dengan memberikan pertanyaan yang akan dijawab oleh chatbot. ============================================================ Abdurahman Amin, 2025, Implementation of a Chatbot as a Virtual Assistant to Help Students Access Academic Information. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Cipta Dharma, Advisor (I) H. Tommy Bustomi, S.Kom., M.Kom., Advisor (II) Kusno Harianto, S.Kom., M.Kom. This research aims to develop a chatbot application as a virtual assistant that, if successful, can assist students of Widya Cipta Dharma School of Management Informatics and Computer Science in accessing academic information. The research was conducted at the Academic Administration and Student Affairs Division of the institution. Data collection methods included interviews focusing on questions related to chatbots and literature reviews by studying journals or articles relevant to chatbot technology. The development method employed in this study was the linear sequential model, with supporting software tools such as Visual Studio Code and Android Studio. The final outcome of this research is the implementation of a chatbot as a virtual assistant that can help students obtain academic information. Users can access the desired academic information by asking questions that the chatbot will respond to.
Item Type: | Thesis (S1 Teknik Informatika) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : H. Tommy Bustomi, S.Kom., M.Kom. Pembimbing 2 : Kusno Harianto, S.Kom., M.Kom. |
Uncontrolled Keywords: | Chatbot, Asisten Virtual, Informasi Akademik, Linear Sequential, Android Studio, Visual Studio Code |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Teknik Informatika |
Depositing User: | Mr Abdurahman Amin |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 08:23 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 08:23 |
URI: | http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/6063 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |