Implementasi Augmented Reality Pada Pembelajaran Artefak Di Museum Mulawarman

Ariadi, Surya (2025) Implementasi Augmented Reality Pada Pembelajaran Artefak Di Museum Mulawarman. S1 Teknik Informatika thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
1943079-S1-Jurnal.pdf

Download (847kB)
[img] Text
1943079-S1-Teknik Informatika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) yang dapat membantu murid SDN 010 Kutai Lama dalam memahami artefak-artefak yang ada di Museum Mulawarman. Aplikasi ini dirancang untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik melalui teknologi AR, yang memungkinkan murid untuk melihat artefak secara virtual dan mendapatkan informasi tambahan mengenai artefak tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pembangunan aplikasi AR berbasis Android dengan menggunakan perangkat lunak Canva untuk desain antarmuka dan marker, Unity 2022 sebagai program utama, SketchUp dan Blender untuk pembuatan model 3D. Proses pengembangan aplikasi mengikuti model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap: Concept (Konsep), Design (Desain), Material Collecting (Pengumpulan Materi), Assembly (Perakitan), Testing (Pengujian), dan Distribution (Distribusi). Pengujian sistem dilakukan dengan metode Black Box dan White Box Testing untuk memastikan fungsi aplikasi berjalan sesuai yang diharapkan. Hasil penelitian ini yakni berupa aplikasi berbasis android yang dapat menampilkan objek 3D artefak-artefak museum Mulawarman beserta informasi mengenai artefak tersebut. ============================================================ This research aims to develop an augmented reality-based learning application that can help students of SDN 010 Kutai Lama in understanding the artifacts in the Mulawarman Museum. The app is designed to provide a more interactive and engaging learning experience through Augmented Reality (AR) technology, allowing students to view artifacts virtually and gain additional information about them. The methods used in this study include the development of an Android-based AR application using Canva software for interface and marker design, Unity 2022 as the main program, SketchUp and Blender for 3D modeling. The application development process follows the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) development model which consists of six stages: Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, and Distribution. System testing is carried out using the Black Box and White Box Testing methods to ensure that the application functions run as expected. The results of this research are in the form of an android-based application that can display 3D objects of the Mulawarman museum artifacts along with information about these artifacts.

Item Type: Thesis (S1 Teknik Informatika)
Additional Information: Pembimbing 1 : Yulindawati, S.H., M.Kom Pembimbing 2 : Ahmad Abul Khair, S.Kom., M.T
Uncontrolled Keywords: Pengenalan Artefak Museum Mulawarman, Augmented Reality, MDLC
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: Mr Surya Ariadi
Date Deposited: 10 Feb 2025 06:19
Last Modified: 10 Feb 2025 06:19
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/6036

Actions (login required)

View Item View Item