Egianna, Egianna (2025) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TANDA WAQAF UNTUK TPA WAL’ASHRI KECAMATAN SAMBUTAN. S1 Teknik Informatika thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.
![]() |
Text
2043008-S1-Jurnal.pdf Download (525kB) |
![]() |
Text
2043008-S1-Teknik Informatika.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tanda waqaf adalah salah satu acuan dalam pembacaan Al-Qur’an. Penggunaan tanda waqaf pada Al-Qur’an merupakan hasil dari para ulama ahli Al-Qur’an yang ber-ijtihad (bersungguh-sungguh) dalam menemukan hukum secara rinci untuk menggunakan tanda waqaf pada Al-Qur’an agar terhindar dari kesalahan pada tempat berhenti pada bacaan Al-Qur’an. Namun, penggunaan tanda waqaf pada pembacaan Al-Qur’an seringkali diabaikan oleh beberapa umat muslim. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mempelajari tanda-tanda waqaf serta penggunaannya sehingga mengenal dan mengetahui bentuk tanda-tanda waqaf dan fungsinya pada Al-Qur’an. Dalam penelitian ini, metode pengembangan yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan 6 (enam) tahapan yaitu: konsep (Concept), perancangan (Design), pengumpulan bahan (Material Collecting), Pembuatan (Assembly), pengujian (Testing) dan distribusi (Distribution). Dipilihnya metode MDLC pada penelitian kali ini adalah dikarenakan metode ini sangat cocok digunakan pada proses pembuatan sebuah aplikasi multimedia dan mudah, praktis juga terstruktur dalam penerapan metode ini. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi augmented reality berbasis android dengan menggunakan metode marker based tracking dengan menggunakan QR card (kartu) sebagai marker yang mudah digunakan mulai dari usia dini sebagai media pembelajaran tanda waqaf. Berdasarkan hasil pengujian blackbox testing dan beta testing terhadap fungsionalitas sistem, dapat disimpulkan bahwa sistem telah berjalan sesuai dengan harapan pengembang dan kebutuhan pengguna. ========================================================== The waqf sign is one of the references in reading the Holy Qur'an. The use of the waqf sign in the Qur'an is the result of scholars of the Qur'an who are serious in finding detailed laws for using the waqf sign in the Qur'an to avoid mistakes in stopping places in reading the Qur'an. However, the use of the waqf sign in reading the Qur'an is often ignored by some Muslims. So, this research aims to study the waqf signs and their use so as to recognize and understand the form of the waqf signs and their functions in the Qur'an. In this research, the development method used is Multimedia Development Life Cycle (MDLC) with 6 (six) stages, namely: concept, design, material collection, assembly, testing and distribution. The MDLC method was chosen in this research because this method is very suitable for use in the process of creating a multimedia application and easy, practical also structured in implementing this method. And the end of the result of this research is an Android-based augmented reality application using a marker-based tracking method by using QR card as the marker that’s easy to use starting from an early age as a medium for learning waqf signs. Based on the results of black box testing and beta testing on system functionality, it can be concluded that the system has run in accordance with developer expectations and user needs.
Item Type: | Thesis (S1 Teknik Informatika) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Eka Arriyanti, S.Pd., M.Kom Pembimbing II : Muhammad Ibnu Sa’ad S.Kom., M.Kom |
Uncontrolled Keywords: | Tanda waqaf, Media Pembelajaran, Augmented Reality, Marker Based Tracking, Multimedia Development Life Cycle (MDLC) |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Teknik Informatika |
Depositing User: | Ms Egianna . |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 06:21 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 06:21 |
URI: | http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/6021 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |