Hasanah, Uswatun (2025) Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Tiket Museum Berbasis Android (Studi Kasus Museum Mulawarman Tenggarong). S1 Teknik Informatika thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.
![]() |
Text
2043119-S1-Jurnal.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text
2043119-S1-Teknik Informatika.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Museum Mulawarman di Tenggarong adalah sebuah museum yang terletak di Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Indonesia. Namun masih menghadapi masalah dalam mengelola pembelian tiket yang masih dilakukan secara manual dilokasi museun, yang seringkali menyebabkan antrian panjang dan keterbatasan aksesibilitas bagi pengunjung. Oleh karena itu, dirancanglah aplikasi pemesanan tiket museum berbasis Android untuk Museum Mulawarman. Aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas, efisiensi, dan pengalaman pengunjung dalam melakukan pemesanan tiket masuk museum. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Software Development Life Cycle (SDLC) model Waterfall. Model ini dipilih karena memiliki tahapan yang jelas, terstruktur, dan praktis. Setiap tahap harus diselesaikan terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya, sehingga dapat mengurangi risiko pengulangan proses dan memastikan pengembangan sistem berjalan sesuai dengan harapan. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah website manajemen dan dan aplikasi android yang dapat digunakan oleh staf loket dan pengunjung. Berdasarkan hasil pengujian blackbox testing terhadap fungsionalitas sistem, dapat disimpulkan bahwa sistem telah berjalan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Sedangkan dari beta testing dapat ditarik kesimpulan 89,6% responden menjawab bahwa aplikasi pemesanan tiket museum berbasis android di nilai sangat baik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memudahkan pengunjung dalam melakukan pembelian tiket. ============================================================ garong City, Kutai Kartanegara Regency, East Kalimantan, Indonesia. However, it still faces problems in managing ticket purchases that are still done manually at the museun location, which often causes long queues and limited accessibility for visitors. Therefore, an Android-based museum ticket booking application was designed for the Mulawarman Museum. This application aims to improve accessibility, efficiency, and visitor experience in booking museum entrance tickets. The development method used in this study is the Software Development Life Cycle (SDLC) Waterfall model. This model was chosen because it has clear, structured, and practical stages. Each stage must be completed first before moving on to the next stage, thereby reducing the risk of process repetition and ensuring that system development is running as expected. The result of this study is a management website and an android application that can be used by counter staff and visitors. Based on the results of blackbox testing on the functionality of the system, it can be concluded that the system has run according to the needs of the user. Meanwhile, from the beta testing, it can be concluded that 89.6% of respondents answered that the android-based museum ticket booking application is very good. The results of this research are expected to make it easier for visitors to purchase tickets.
Item Type: | Thesis (S1 Teknik Informatika) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Salmon, S.Kom., M.Kom Pembimbing 2 : Ivan Haristyawan, S.T., M.M |
Uncontrolled Keywords: | Museum Mulawarman, Berbasis Android, Pemesanan, Software Development Life Cycle (SDLC) |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Teknik Informatika |
Depositing User: | Ms Uswatun Hasanah |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 06:14 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 06:14 |
URI: | http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/6019 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |