Febriyand, Faturrachman Arisandy (2024) Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Sepakat Hub Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction Pada Dinas Perhubungan Kota Samarinda. S1 Sistem Informasi thesis, STMIK Widya CIpta Dharma.
Text
2041070_S1_Jurnal.pdf Download (559kB) |
|
Text
2041070_S1_Sistem Informasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Aplikasi SEPAKAT HUB dirancang sebagai alat bantu bagi pegawai Dinas Perhubungan Kota Samarinda dalam melaporkan kegiatan sehari-hari. Penggunaan teknologi informasi dalam organisasi diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja. Namun, keberhasilan implementasi suatu aplikasi sangat bergantung pada tingkat kepuasan pengguna. Oleh karena itu, penting untuk melakukan evaluasi terhadap tingkat kepuasan pengguna aplikasi SEPAKAT HUB. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna aplikasi SEPAKAT HUB serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna aplikasi SEPAKAT HUB, sebuah aplikasi pelaporan kegiatan yang digunakan oleh pegawai Dinas Perhubungan Kota Samarinda. Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna dengan membandingkan harapan dan kenyataan pengguna terhadap aplikasi. Variabel yang diukur meliputi konten, akurasi, kemudahan penggunaan, format, dan ketepatan waktu. Adapun hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa tiga variabel (Content, Accuracy, dan Format) berada pada kategori sangat puas, dan dua variabel (Easy of use dan Timeliness) berada pada kategori puas. Berdasarkan hasil dari Uji-F menunjukkan bahwa variabel Content, Accuracy, Format, Easy Of Use, dan Timeliness secara simultan (bersama-sama) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap User Satisfaction. ============================================================ The SEPAKAT HUB application is designed as a tool for Samarinda City Transportation Department employees in reporting daily activities. The use of information technology in organizations is expected to increase work efficiency and effectiveness. However, the successful implementation of an application is highly dependent on the level of user satisfaction. Therefore, it is important to evaluate the level of satisfaction of SEPAKAT HUB application users. This research aims to measure the level of user satisfaction of the SEPAKAT HUB application and analyze the factors that influence user satisfaction of the SEPAKAT HUB application, an activity reporting application used by employees of the Samarinda City Transportation Department. The End User Computing Satisfaction (EUCS) method is used to measure the level of user satisfaction by comparing the user's expectations and reality regarding the application. Variables measured include content, accuracy, ease of use, format, and timeliness. The final results of this research indicate that three variables (Content, Accuracy, and Format) are in the very satisfied category, and two variables (Easy of use and Timeliness) are in the satisfied category. Based on the results of the F- Test, it shows that the variables Content, Accuracy, Format, Easy Of Use, and Timeliness simultaneously (together) have a significant effect on User Satisfaction.
Item Type: | Thesis (S1 Sistem Informasi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Dr. Heny Pratiwi, S.Kom., M.Pd., M.TI Pembimbing 2 : Pitrasacha Adytia, S.T., M.T |
Uncontrolled Keywords: | SEPAKAT HUB, tingkat kepuasan pengguna, End User Computing Satisfaction, aplikasi pelaporan kegiatan, Dinas Perhubungan. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Sistem Informasi |
Depositing User: | Fatur Faturrachman Arisandy Febriyand |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 01:31 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 01:31 |
URI: | http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/5838 |
Actions (login required)
View Item |