Pemanfaatan Game ‘Hutan Kami’ untuk Edukasi Kebersihan Hutan Berbasis Android

Raja, Rizki Adi Cipta (2024) Pemanfaatan Game ‘Hutan Kami’ untuk Edukasi Kebersihan Hutan Berbasis Android. S1 Teknik Informatika thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
1743133 - S1 - JURNAL.pdf

Download (420kB)

Abstract

Pemanfaatan Game ‘Hutan Kami’ Untuk Edukasi Kebersihan Hutan Berbasis Android, Skripsi Program Studi Teknologi Informatika, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Cipta Dharma. Edugame (singkatan dari: Educational game) atau permainan edukasi adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan. Edugame tidak hanya sekedar hiburan, melainkan juga merupakan alat pembelajaran yang memanfaatkan elemen-elemen permainan untuk mengajarkan konsep-konsep tertentu. Dalam penelitian ini, fokusnya adalah pada pengembangan Edugame simulasi kebersihan lingkungan hutan yang menggabungkan aspek edukatif sembari bermain. Pada penelitian ini dibangun sebuah Game edukasi kebersihan berbasis Android. Menggunakan Unity 2021.3 sebagai aplikasi pembuatan game serta Blender untuk permodelan 3 Dimensi dibangun dengan metode pengembangan Game Development Life Cycle dilengkapi dengan Uji coba sistem menggunakan pengujian Blackbox serta Beta. Hasil dari penelitian Pemanfaatan Game ‘Hutan Kami’ Untuk Edukasi Kebersihan Hutan Berbasis Android dapat diselesaikan dengan program Unity 2021.3 serta telah melakukan penelitian serta rilis di Sekolah Dasar Negeri 001 Samarinda. ============================================================ Edugame (short for: Educational game) is software specifically designed to provide an interactive and enjoyable learning experience. Edugames are not merely entertainment but also a learning tool that utilizes game elements to teach certain concepts. This research focuses on the development of an Edugame for forest cleanliness simulation, combining educational aspects while playing. In this research, an Android-based educational game for cleanliness was developed. Using Unity 2021.3 for game creation and Blender for 3D modeling, it was built with the Game Development Life Cycle method, complemented by system testing using blackbox and beta testing. The results of the research on the Utilization of the Game 'Hutan Kami' for Forest Cleanliness Education Based on Android were successfully completed using Unity 2021.3 and have been tested and released at Sekolah Dasar Negeri 001 Samarinda.

Item Type: Thesis (S1 Teknik Informatika)
Additional Information: Pembimbing 1 :Pitrasacha Adytia, S.T.,M.T. Pembimbing 2 :Ahmad Abul Khair, S.Kom.,M.T.
Uncontrolled Keywords: Game, Edukasi, Endless Runner
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: rizki adi cipta raja
Date Deposited: 08 Aug 2024 02:44
Last Modified: 08 Aug 2024 02:44
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/5728

Actions (login required)

View Item View Item