Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Pada Edukasi Pemberantasan Hama Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android

Anggoro, Moch Rudolf Christ (2024) Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Pada Edukasi Pemberantasan Hama Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android. S1 Teknik Informatika thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
1743155-S1-Jurnal.pdf

Download (688kB)

Abstract

Hama merupakan bagian penting dari ekosistem yang mempengaruhi keseimbangan alam. Di lingkungan pertanian, kehadiran hama perusak tanaman dapat mengganggu rantai makanan dan interaksi antarorganisme dalam ekosistem tersebut. Pemahaman tentang hama perusak tanaman tidak hanya relevan dalam konteks pertanian, tetapi juga memberikan kontribusi penting dalam pemahaman siswa terhadap konsep ekosistem. Pada penelitian ini dibangun sebuah Game edukasi berbasis Augemented Reality berbasis android. Menggunakan Unity 2022 sebagai aplikasi pembuatan game serta blender untuk permodelan 3 Dimensi dibangun dengan metode pengembangan multimedia (MDLC), dilengkapi dengan Uji coba sistem menggunakan pengujian blackbox serta Beta. Hasil dari penelitian Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Pada Edukasi Pemberantasan Hama Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android dapat diselesaikan dengan program unity 2022 serta berhasil melakukan penelitian serta rilis di Sekolah Dasar Negeri 002 Samarinda.==================================In this study, the author intends to use Augmented Reality Technology for Pest Control Education for Elementary School Students on an Android-based platform. This can be an alternative used in the education level to teach about plant pests. Through Augmented Reality (AR) technology, it can create a more interactive experience that allows students to learn while playing. In this research, an educational game based on Augmented Reality for Android is developed. Utilizing Unity 2022 as the game creation application and Blender for 3D modeling, it is built using the multimedia development method (MDLC), and includes system testing using blackbox and Beta testing. The results of the research on the Utilization of Augmented Reality Technology in Pest Eradication Education for Elementary School Students Based on Android were successfully completed with Unity 2022 and successfully conducted research and release at State Elementary School 002 Samarinda

Item Type: Thesis (S1 Teknik Informatika)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. H. Nursobah, S.Kom., M.Kom., IPM., ASEAN Eng Pembimbing 2 : Bartolomius Harpad, S.Kom., M.Kom
Uncontrolled Keywords: AR,Edukasi,First Person Shooter
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: Mr. Moch Rudolf Christ Anggoro
Date Deposited: 08 Aug 2024 05:12
Last Modified: 08 Aug 2024 05:12
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/5727

Actions (login required)

View Item View Item