Pengembangan Game Visual Novel Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Ren'Py Visual Novel Engine

Marudin, Aswin Julises (2024) Pengembangan Game Visual Novel Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Ren'Py Visual Novel Engine. S1 Sistem Informasi thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
2041005-S1-Sistem Informasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
2041005-S1-Jurnal.pdf

Download (769kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk Mengetahui bagaimana cara mengembangkan sebuah game visual novel menggunakan Ren’Py Visual Novel Engine. Diharapkan melalui pengembangan game visual novel ini dapat menjadi contoh inovatif dalam penggunaan teknologi dalam pendidikan keagamaan. Penelitian ini dilakukan di Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) jemaat Anugerah Samarinda. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara untuk mengumpulkan data dengan bertanya langsung kepada responden berkaitan tentang objek yang diteliti. Kemudian observasi untuk mengumpulkan data dengan cara mengamati secara langsung keadaan atau situasi yang menjadi fokus penelitian. Dan yang terakhir adalah studi pustaka untuk memperoleh dasar teori yang benar untuk mendukung penelitian ini. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penulisan ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Hasil dari penelitian ini adalah game visual novel berbasis android dengan judul “Learn To Obey” yang mengangkat cerita tentang cerita tokoh alkitab yaitu nabi Nuh dan air bah. Berdasarkan hasil beta testing, game ini berhasil memenuhi harapan sebagai media pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif. ============================================================ This research was conducted to determine how to develop a visual novel game using the Ren'Py Visual Novel Engine. It is hoped that through the development of this visual novel game, it can serve as an innovative example of using technology in religious education. The research was conducted at Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) Anugerah Samarinda congregation. Data collection methods used include interviews to gather data by directly questioning respondents about the research object, observations to collect data by directly observing the conditions or situations that are the focus of the research, and literature studies to obtain the correct theoretical foundation to support this research. The system development method used in this study is the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) method. The result of this research is an Android-based visual novel game titled "Learn To Obey," which tells the story of the biblical figure Noah and the flood. Based on beta testing results, this game successfully meets expectations as a fun and interactive learning medium.

Item Type: Thesis (S1 Sistem Informasi)
Additional Information: Pembimbing 1 :Muhammad Ibnu Sa'ad, S.Kom.,M.Kom Pembimbing 2 :Ivan Haristyawan, S.T., M.M
Uncontrolled Keywords: Game, Visual Novel, Android, Ren’Py, MDLC
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Sistem Informasi
Depositing User: Aswin Julises
Date Deposited: 07 Aug 2024 00:07
Last Modified: 07 Aug 2024 00:07
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/5478

Actions (login required)

View Item View Item