Sidi, Claudio Charisto Mareno (2024) Pengembangan Game Augmented Reality Pengenalan Huruf Hiragana Bahasa Jepang Berbasis Unity Engine Dengan Metode Marker Based Tracking. S1 Sistem Informasi thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.
Text
2141903-S1-Jurnal.pdf Download (752kB) |
|
Text
2141903-S1-Sistem Informasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Augmented reality (AR) adalah sebuah pencitraan benda maya 2 dimensi (2D) atau 3 dimensi (3D) yang diproyeksikan ke dalam dunia nyata, penggunaan teknologi ini akan sangat membantu dalam penyampaian informasi kepada pengguna. Dalam penelitian ini bertujuan mengaplikasikan teknologi augmented reality (AR) dalam pembelajaran huruf hiragana bahasa jepang, yang dapat memberikan suatu kemudahan dalam kegiatan proses pembelajaran serta menciptakan sebuah aplikasi pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan mudah dimengerti. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan penerapan marker based tracking berbasis Android. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman dan motivasi pengguna dalam memahami huruf hiragana melalui pengalaman interaktif augmented reality (AR), dalam bidang pendidikan terutama bahasa melalui pendekatan inovatif ini sangat membantu dan memudahkan pengguna dalam belajar bahasa jepang yang diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi bagi pengguna. ============================================================ Augmented reality (AR) is the visualization of virtual 2D or 3D objects projected into the real world. The use of this technology greatly aids in conveying information to users. This research aims to apply augmented reality (AR) technology in the learning of Japanese hiragana characters, providing ease in the learning process and creating an engaging, enjoyable, and easily understandable learning application. This research employs the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) development method with the implementation of marker-based tracking on Android. The results show an increase in users' understanding and motivation in learning hiragana characters through the interactive experience of augmented reality (AR). In the field of education, especially language learning, this innovative approach significantly aids and simplifies the process for users, enhancing effectiveness and efficiency in learning Japanese.
Item Type: | Thesis (S1 Sistem Informasi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Andi Yusika Ranga, S.Kom., M.Kom. Pembimbing 2 : Muhammad Ibnu Saad, S.Kom., M.Kom. |
Uncontrolled Keywords: | Game, Augmented Reality, Hiragana. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Sistem Informasi |
Depositing User: | Claudio Charisto Mareno Sidi |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 08:21 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 08:21 |
URI: | http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/5435 |
Actions (login required)
View Item |