Penerapan Augmented Reality Untuk Rekomendasi Buku Pada Perpustakaan STMIK Widya Cipta Dharma

Silitonga, Jonathan Jorghi (2024) Penerapan Augmented Reality Untuk Rekomendasi Buku Pada Perpustakaan STMIK Widya Cipta Dharma. S1 Teknik Informatika thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
2043009-S1- Teknik Informatika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
2043009-S1-Jurnal.pdf

Download (550kB)

Abstract

Perpustakaan adalah kumpulan bahan tercetak dan non-tercetak dan atau sumber informasi dalam komputer yang tersusun secara sistemasis untuk kepentingan pemakai. Perpustakaan Perguruan Tinggi merupakan sebuah fasilitas telah disediakan oleh perguruan tinggi untuk menyimpan koleksi buku, jurnal, majalah, dan sumber informasi lainnya. Dan juga menjadi sarana penting untuk menambah ilmu dan wawasan bagi dunia pendidikan. Penelitian ini akan mengimplementasikan Penerapan Augmented Reality Untuk Rekomendasi Buku Pada Perpustakaan STMIK Widya Cipta Dharma dengan menggunakan Unity 2022, Adobe Photoshop sebagai desain tampilan aplikasi, membangun aplikasi android AR. Jenis Augmented Reality dengan Metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) meliputi Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing dan Distribution. Uji coba sistem yang dilakukan yaitu dengan menggunakan Black Box dan Beta. Hasil dari Penelitian Penerapan Augmented Reality Untuk Rekomendasi Buku Pada Perpustakaan STMIK Widya Cipta Dharma dapat diselesaikan dengan menggunakan program unity 2022 sebagai program utama dan berhasil melakukan penelitian di Perpustakaan STMIK Widya Cipta Dharma dengan pengunjung sebagai responden dengan hasil nilai rata-rata sebesar 84.80%. ============================================================ A library is a collection of printed and non-printed materials and/or information sources on a computer that are arranged systematically for the benefit of users. The College Library is a facility provided by universities to store collections of books, journals, magazines and other sources of information. And it is also an important means to increase knowledge and insight into the world of education. This research will implement the application of Augmented Reality for book recommendations at the STMIK Widya Cipta Dharma Library using Unity 2022, Adobe Photoshop as application display design, building an AR Android application. Types of Augmented Reality with the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) development method including Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing and Distribution. The system trials carried out were using Black Box and Beta. The results of research on the application of augmented reality for book recommendations at the STMIK Widya Cipta Dharma library can be completed using the Unity 2022 program as the main program and successfully conducted research at the STMIK Widya Cipta Dharma library with visitors as respondents with an average score of 84.80%.

Item Type: Thesis (S1 Teknik Informatika)
Additional Information: Pembimbing 1 : Siti Lailiyah, S.Kom., M.Kom. Pembimbing 2 : H. Pajar Pahrudin, S.Kom., M.H.
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Perpustakaan, MDLC
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: Jonathan Jorghi Silitonga
Date Deposited: 07 Aug 2024 00:38
Last Modified: 07 Aug 2024 00:38
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/5425

Actions (login required)

View Item View Item