Giantoro, Oktadius (2024) Implementasi Augmented Reality sebagai Media Promosi Kampus STMIK Widya Cipta Dharma. S1 Teknik Informatika thesis, STMIK Widya Cipta dharma.
Text
2043042-S1-Teknik Informatika.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
2043042-S1-Jurnal.pdf Download (430kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Augmented Reality (AR) sebagai media promosi yang lebih menarik dan interaktif bagi kampus STMIK Widya Cipta Dharma. Dengan mengimplementasikan teknologi AR, diharapkan informasi mengenai fasilitas, program studi, dan aktivitas kampus dapat disampaikan dengan cara yang lebih menarik dan mudah dipahami oleh calon mahasiswa serta masyarakat umum. Selain metode promosi konvensional seperti media sosial dan media fisik (brosur, poster, dan baliho), penggunaan AR bertujuan untuk memperkaya dan meningkatkan efektivitas promosi kampus.Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pembangunan aplikasi AR berbasis Android dengan menggunakan perangkat lunak Canva untuk desain antarmuka, Unity 2022 sebagai program utama, dan SketchUp untuk pembuatan model 3D. Proses pengembangan aplikasi mengikuti model pengembangan multimedia yang terdiri dari enam tahap: Concept (Konsep), Design (Desain), Material Collecting (Pengumpulan Materi), Assembly (Perakitan), Testing (Pengujian), dan Distribution (Distribusi). Pengujian sistem dilakukan dengan metode Black Box dan Beta Testing untuk memastikan fungsi aplikasi berjalan sesuai yang diharapkan.Hasil dari Penelitian Implementasi Augmented Reality sebagai Media Promosi Kampus STMIK Widya Cipta Dharma dapat diselesaikan dengan menggunakan program unity 2022. Kemudian didistribusikan kepada masyarakat yang memerlukan informasi Tentang STMIK Widya Cipta Dharma. =========================================================== Promotion is crucial for increasing awareness and attracting public attention. AR technology can make promotions more engaging andinteractive, as demonstrated by STMIK Widya Cipta Dharma. In addition to using social media and physical media such as brochures, posters, and billboards, the campus implements AR to provide 3D visualizations of campus buildings and facilities, making prospective students more interested and better understand the campus. The implementation of AR is expected to enrich existing promotional methods,making them more appealing and interactive. The researcher developed promotional media in the form of an Android-based Augmented Reality application. Canva was used for interface design, Unity 2022 for the main program, and SketchUp for modeling to build the AR Android application. The type of Augmented Reality used the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) method, including Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, and Distribution. System testing was conducted using Black Box and Beta methods. The results of the research on the implementation of Augmented Reality as a promotional media for STMIK Widya Cipta Dharma Campus were successfully completed using Unity 2022. The application was then distributed to the public requiring information about STMIK Widya Cipta Dharma.
Item Type: | Thesis (S1 Teknik Informatika) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Heny Pratiwi, S.Kom., M.Pd., M.TI Pembimbing II : Muhammad Ibnu Sa`ad, S.Kom., M.Kom |
Uncontrolled Keywords: | AR, MDLC, STMIK Widya Cipta Dharma |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Teknik Informatika |
Depositing User: | Mr Oktadius Giantoro |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 08:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 08:13 |
URI: | http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/5383 |
Actions (login required)
View Item |