AUGMENTED REALITY MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN GAMBAR TOKOH PAHLAWAN NASIONAL PADA UANG KERTAS BERBASIS ANDROID

Gifario Matiinue Dyar, Muhammad (2024) AUGMENTED REALITY MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN GAMBAR TOKOH PAHLAWAN NASIONAL PADA UANG KERTAS BERBASIS ANDROID. S1 Teknik Informatika thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
1743093-SI-Teknik Informatika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
1743093-S1-Jurnal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat, terutama dalam penggunaan smartphone dan tablet, telah membawa dampak positif dalam mempermudah pembelajaran dan memajukan berbagai aspek kehidupan. Namun, kesenjangan pengetahuan mengenai tokoh pahlawan nasional, yang merupakan bagian integral dari sejarah Indonesia, masih menjadi perhatian. Seiring dengan tren kurangnya minat membaca buku tradisional, penulis merancang sebuah solusi inovatif berupa aplikasi berbasis Android menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) untuk pengenalan tokoh pahlawan nasional pada uang kertas. Teknologi AR menjadi pilihan utama karena mampu menggabungkan dunia nyata dengan informasi digital, memberikan pengalaman interaktif kepada pengguna. Aplikasi ini menggunakan model marker pada uang kertas sebagai media pengenalan tokoh pahlawan. Melalui perangkat smartphone, pengguna dapat dengan mudah mengakses informasi sejarah, prestasi, dan perjuangan pahlawan nasional secara real-time. Dengan kelebihan ringan, mudah dibawa, dan praktis, aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan pemahaman masyarakat terhadap tokoh pahlawan nasional. Diharapkan bahwa implementasi teknologi AR dalam pengenalan tokoh pahlawan nasional ini dapat memberikan alternatif yang menarik dan efektif dalam pembelajaran sejarah. Aplikasi ini tidak hanya memfasilitasi pembelajaran klasikal di sekolah, tetapi juga memberikan fleksibilitas kepada pengguna untuk memperoleh informasi kapan saja dan di mana saja. Dengan demikian, upaya ini diharapkan dapat membantu memperkaya pengetahuan sejarah dan membangkitkan minat masyarakat terhadap nilai-nilai kepahlawanan yang menginspirasi. ============================================================ The rapid development of technology, particularly the widespread use of smartphones and tablets, has had a positive impact on facilitating learning and advancing various aspects of life. However, a knowledge gap regarding national heroes, integral figures in Indonesian history, remains a concern. In response to the declining interest in traditional book reading, the author proposes an innovative solution in the form of an Android-based application utilizing Augmented Reality (AR) technology for the recognition of national heroes depicted on banknotes. AR technology was chosen for its ability to merge the real world with digital information, providing an interactive experience for users. The application utilizes marker models on banknotes as a means of recognizing national hero figures. Through smartphones, users can easily access real-time information on the history, achievements, and struggles of national heroes. With the advantages of being lightweight, portable, and practical, the application aims to enhance public interest and understanding of national hero figures. It is hoped that the implementation of AR technology in recognizing national heroes will provide an engaging and effective alternative for history learning. The application not only facilitates traditional classroom learning but also offers flexibility for users to acquire information anytime and anywhere. Thus, this effort is expected to contribute to enriching historical knowledge and reigniting public interest in the inspirational values of heroism.

Item Type: Thesis (S1 Teknik Informatika)
Additional Information: Pembimbing 1:Dr. H. Nursobah, S.Kom., M.Kom., IPM. Pembimbing 2:Ita Afryanti, S.Kom., M.M.
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Android, TK Al-Hikmah, Android, Tokoh Pahlawan Nasional, Uang Kertas Indonesia.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: Mr Muhammad Gifario Matiinue Dyar
Date Deposited: 21 Feb 2024 05:15
Last Modified: 21 Feb 2024 05:15
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/5318

Actions (login required)

View Item View Item