Analisis Sentimen dan Klasifikasi Terhadap Layanan Grab Berdasarkan Respon Pengguna Media Sosial Instagram Di Indonesia

Putra, Mahardika Ali (2024) Analisis Sentimen dan Klasifikasi Terhadap Layanan Grab Berdasarkan Respon Pengguna Media Sosial Instagram Di Indonesia. S1 Sistem Informasi thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
1741131-S1-Sistem Informasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
1741131-S1-jurnal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Mahardika Ali Putra, 2017, Analisis Sentimen dan Klasifikasi Terhadap Layanan Grab Beradasarkan Respon Pengguna Media Sosial Instagram di indonesia, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Cipta Dharma , Skripsi. Pembimbing I : Drs. Azahari, M.Kom dan Pembimbing II : Dr. Heny Pratiwi, S.Kom., M.Pd., M.TI Kata kunci: analisis sentimen, Instagram, Grab, Naive Bayes Instagram merupakan salah satu media sosial paling populer pada saat ini. Dapat mengetahui berbagai tanggapan masyarakat yang termasuk kategori positif, netral atau negatif. Grab sebagai salah satu layanan transportasi online populer di Indonesia sebagai perusahaan yang memberikan layanan transportasi. Grab kini berkembang menjadi platform seluler sesuai permintaan dan aplikasi terkemuka yang menyediakan berbagai layanan mulai dari transportasi, logistik, pembayaran, pengiriman makanan, dan berbagai layanan berdasarkan permintaan lainnya. Analisis sentimen merupakan salah satu cabang penelitian dari Text Mining yang melakukan proses klasifikasi pada dokumen teks. Metode yang digunakan adalah Naive Bayes. Data yang digunakan berupa respon pengguna media sosial Instagram terhadap Grab sejumlah 802. Hasil perbandingan rata-rata akurasi dengan memakai perangkat lunak RapidMiner dengan metode Naive Bayes dan metode Support Vector Machine menghasilkan nilai akurasi sebesar 81,20% dari metode Naive Bayes dan 79,49% dari metode Support Vector Machine pada proses pengujian dengan memakai sampel sebesar 802 data. ============================================================ Instagram is one of the most popular social media at the moment. Can find out various public responses which fall into positive, neutral or negative categories. Grab is one of the popular online transportation services in Indonesia as a company that provides transportation services. Grab has now developed into a leading on-demand mobile platform and application that provides a variety of services ranging from transportation, logistics, payments, food delivery and various other on-demand services. Sentiment analysis is a branch of research from Text Mining which carries out the classification process on text documents. The method used is Naive Bayes. The data used is 802 responses from Instagram social media users to Grab. The results of comparing the average accuracy using RapidMiner software with the Naive Bayes method and the Support Vector Machine method produce an accuracy value of 81.20% from the Naive Bayes method and 79.49%. % of the Support Vector Machine method in the testing process using a sample of 802 data.

Item Type: Thesis (S1 Sistem Informasi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs. Azahari, M.Kom Pembimbing 2 : Dr. Heny Pratiwi, S.Kom., M.Pd., M.TI
Uncontrolled Keywords: analisis sentimen, Instagram, Grab, Naive Bayes
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Sistem Informasi
Depositing User: Mr Ali Putra Mahardika
Date Deposited: 19 Feb 2024 08:06
Last Modified: 19 Feb 2024 08:06
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/5295

Actions (login required)

View Item View Item