Penerapan Teknologi Augmented Reality Untuk Pengenalan Tokoh Wali Songo Berbasis Android

Harry, Kurniawan (2024) Penerapan Teknologi Augmented Reality Untuk Pengenalan Tokoh Wali Songo Berbasis Android. S1 Teknik Informatika thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
1943108-S1-Teknik Informatika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
1943108-S1-Jurnal.pdf

Download (458kB)

Abstract

Tokoh Walisongo merupakan tokoh salah satu yang menyebarkan agama islam di Indonesia. Pada saat ini, pengenalan tokoh walisongo pada siswa – siswi sekolah dasar masih menggunakan buku sebagai media belajar nya. Oleh karena itu dengan berkembang nya jaman dibutuhkan sebuah inovasi untuk permasalahan tersebut dengan membuat aplikasi augmented reality sebagai media belajar yang modern untuk membantu siswa-siswi dalam proses pengenalan tokoh penyebaran agama islam di Indonesia. Penelitian merancang sebuah aplikasi augmented reality, aplikasi yang dibangun menggunakan Library Vuforia dan marker maka akan menampilkan object 3D pada layar smarthphone. Unity 3D adalah software untuk membangun aplikasi augmented reality. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi media belajar yang menggunakan teknologi augmented reality dan bisa memberikan informasi mengenai tokoh walisongo. Hasil penelitian diuji menggunkaan metode blackbox dan whitebox testing, dengan medemokan secara langusng kepada siswa-siswi. Adapun hasil penelitian ini yakni beruapa aplikasi berbasis android yang dapat menampilkan objek 3D tokoh walisongo serta informasi setiap tokoh ============================================================ Walisongo figures are among the key individuals who spread Islam in Indonesia. Currently, the introduction of Walisongo figures to elementary school students relies on traditional textbooks. In response to this, innovation is essential, and this study proposes an augmented reality application as a modern learning tool to aid students in understanding the figures who played a crucial role in the spread of Islam in Indonesia The research involves designing an augmented reality application using the Vuforia library and markers to display 3D objects on a smartphone screen. Unity 3D is utilized as the software for building the augmented reality application. The primary objective is to develop a learning media application utilizing augmented reality technology to provide information about Walisongo figures. The research outcomes are evaluated using blackbox and whitebox testing methods, with direct feedback gathered from students. The result is an Android-based application capable of displaying 3D objects representing Walisongo figures along with detailed information about each figure.

Item Type: Thesis (S1 Teknik Informatika)
Additional Information: Yulindawati., SH., M.Kom Drs. Azahari., M.Kom
Uncontrolled Keywords: Teknik Informatika, augmented reality, walisongo, metode waterfall, metode marked base tracking, android
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: Mr Harry kurniawan
Date Deposited: 19 Feb 2024 06:10
Last Modified: 19 Feb 2024 06:10
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/5272

Actions (login required)

View Item View Item