Analisis Efektivitas Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Menggunakan Epic Model Pada Gereja Sidang Jemaat Allah Agape Samarinda

Rustanto, Hermawan (2024) Analisis Efektivitas Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Menggunakan Epic Model Pada Gereja Sidang Jemaat Allah Agape Samarinda. S1 Sistem Informasi thesis, STMIK Widya Cipta Dhrama.

[img] Text
1941071-S1-Sistem Infromasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
1941071-S1-Jurnal.pdf

Download (807kB)

Abstract

Promosi merupakan salah satu hal yang sangat penting didalam suatu usaha karena dengan adanya promosi maka suatu kegiatan atau lokasi akan lebih dikenal oleh khalayak umum. Kegiatan promosi bertujuan untuk menstimulasi terjadinya kesadaran, menarik perhatian masyarakat sehingga mendapatkan respon positif untuk tertarik maupun mengunjungi suatu kegiatan atau lokasi yang dipromosikan. Semakin banyak masyarakat yang merespon promosi yang telah dilakukan maka peluang untuk meningkatkan kunjungan para masyarakat akan lebih besar. Perkembangan Teknologi mempengaruhi pola pikir seseorang dalam menggunakan media promosi, salah satunya yaitu dengan menggunakan media sosial sebagai alat media promosi. Analisis efektivitas pemanfaatan media sosial sangat diperlukan bagi pihak GSJA Agape Samarinda sebagai bahan evaluasi maupun perkembangan dalam menyebarkan kegiatan – kegiatan untuk kedepannya. Oleh sebab itu pada penelitian ini akan dilakukan sebuah Analisis Efektivitas Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Dengan Menggunakan Epic Model Pada GSJA Agape Samarinda. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan melakukan studi lapangan, observasi dan melakukan wawancara kepada Jemaat GSJA Agape Samarinda dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan pada penelitian ini, dilakukan pula penyebaran kuesioner dengan alat bantu google form sebagai data primer yang akan diproses dan dianalisa pada penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah EPIC Model, software pendukung yang digunakan untuk membantu memproses data terdiri dari Microsoft Excel dan SPSS. Hasil analisis dari penelitian ini diharapkan dapat membantu GSJA Agape Samarinda dalam melakukan strategi – strategi dalam media promosi menggunakan media sosial khususnya Instagram sehingga bisa menjangkau lebih banyak kalangan. ============================================================ Promotion is one of the most important things in a business because with promotion an activity or location will be better known by the general public. Promotional activities aim to stimulate awareness, attract public attention so that they get a positive response to being interested in or visiting an activity or location being promoted. The more people who respond to the promotions that have been carried out, the greater the opportunity to increase community visits. Technological developments affect a person's mindset in using promotional media, one of which is by using social media as a promotional media tool. Analysis of the effectiveness of using social media is very necessary for GSJA Agape Samarinda as evaluation material and development in disseminating activities for the future. Therefore, in this study an analysis of the effectiveness of the use of social media as a media promotion using the epic model at GSJA Agape Samarinda will be carried out. The data collection method used was by conducting field studies, observing and conducting interviews with the Congregation of GSJA Agape Samarinda by providing questions related to this research, questionnaires were also distributed using the Google Form tool as primary data to be processed and analyzed in the study. This The method used in this study is the EPIC Model, the supporting software used to help process data consists of Microsoft Excel and SPSS. The results of the analysis of this research are expected to help GSJA Agape Samarinda in carrying out media promotion strategies using social media, especially Instagram so that it can reach more people.

Item Type: Thesis (S1 Sistem Informasi)
Additional Information: Pembimbing Utama : Bartolomius Harpad, S.Kom., M.Kom Pembimbing Utama : Drs Azahari., M.Kom
Uncontrolled Keywords: Analisis, EPIC Model, SPSS
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Sistem Informasi
Depositing User: Mr Hermawan Rustanto
Date Deposited: 05 Feb 2024 07:16
Last Modified: 05 Feb 2024 07:16
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/5205

Actions (login required)

View Item View Item