Analisis Kualitas Pelayanan Pembuatan AK-1 Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD) Pada Disnaker Samarinda

Syadika, Nur (2023) Analisis Kualitas Pelayanan Pembuatan AK-1 Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD) Pada Disnaker Samarinda. S1 Sistem Informasi thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
1941081-S1-Jurnal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
1941081-S1-Sistem Informasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kartu kuning (AK-1), yang sering disebut sebagai kartu pencari kerja, merupakan tanda bukti pendaftaran bagi para pencari kerja yang sedang aktif mencari peluang pekerjaan. Kartu ini menjadi salah satu syarat penting saat melamar pekerjaan diberbagai perusahaan atau instansi. Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan pembuatan kartu kuning, pendekatan yang memikat, ramah, cepat, dan akurat diperlukan, dengan fokus utama pada kebutuhan pengguna, yaitu para pencari kerja. Untuk mewujudkan hal tersebut, sebuah penelitian dilakukan dengan menerapkan metode Quality Function Deployment (QFD) hingga tahap ketiga. Langkah awal melibatkan identifikasi atribut-atribut layanan yang diharapkan oleh para pencari kerja (PENCAKER), serta penentuan tingkat kepentingan masing-masing atribut. Selanjutnya, analisis dilakukan terhadap kinerja pelayanan Pelayanan AK-1, parameter teknis yang terlibat, dan kebutuhan proses serta prosedur kualitas. Hasil penelitian terhadap layanan AK-1 di Dinas Tenaga Kerja Kota Samarinda menggunakan pendekatan QFD menemukan adanya 25 atribut layanan yang diinginkan oleh para PENCAKER. Atribut-atribut ini kemudian diterjemahkan ke dalam 8 parameter teknis dalam House of Quality (HOQ) tahap pertama. Melalui Matriks HOQ tahap kedua, 8 parameter teknis tersebut dijabarkan menjadi 12 parameter. Pada tahap akhir, HOQ tahap ketiga mengartikulasikan 12 parameter tersebut menjadi 15 prosedur kualitas layanan, yang diurutkan berdasarkan prioritas. Urutan prioritas prosedur kualitas yang dihasilkan dari penelitian ini menjadi panduan dalam pengembangan layanan AK-1 di Dunia Tenaga Kerja Kota Samarinda. Dengan mempertimbangkan atribut layanan yang diinginkan oleh pencari kerja dan memberikan prioritas pada prosedur kualitas, diharapkan layanan AK-1 dapat lebih responsif dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Selain itu, langkah ini diharapkan mampu meningkatkan mutu layanan secara berkelanjutan, sehingga tetap memenuhi harapan para pencari kerja dalam jangka panjang. ============================================================ A yellow card (AK-1), which is often referred to as a job seeker card, is proof of registration for job seekers who are actively looking for job opportunities. This card is one of the important requirements when applying for jobs in various companies or agencies. In an effort to improve the quality of the yellow card making service, an approach that is engaging, friendly, fast and accurate is needed, with the main focus on the needs of users, namely job seekers. To realize this, a study was conducted by applying the Quality Function Deployment (QFD) method up to the third stage. The initial step involves identifying the service attributes expected by job seekers (PENCAKER), as well as determining the importance level of each attribute. Next, an analysis is carried out on the performance of AK-1 Services, the technical parameters involved, and the process requirements and quality procedures. The results of research on AK-1 services at the Samarinda City Manpower Office using the QFD approach found that there were 25 service attributes desired by PENCAKER. These attributes were then translated into 8 technical parameters in the first stage of the House of Quality (HOQ). Through the second stage of the HOQ Matrix, the 8 technical parameters are translated into 12 parameters. In the final stage, the third stage of the HOQ articulates the 12 parameters into 15 service quality procedures, which are sorted by priority. The priority sequence of quality procedures resulting from this research is a guide in developing AK-1 services in the Samarinda City Workforce. By considering the service attributes desired by job seekers and giving priority to quality procedures, it is hoped that AK-1 services can be more responsive and in accordance with user needs. In addition, this step is expected to be able to improve service quality in a sustainable manner, so that it continues to meet the expectations of job seekers in the long term.

Item Type: Thesis (S1 Sistem Informasi)
Additional Information: Pembimbing 1: H. Tommy Bustomi, S.Kom., M.Kom Pembimbing 2: Pitrasacha Adytia, S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: Kartu Kuning, Meningkatkan Kualitas layanan, Menggunakan Metode Quality Function Deployment
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Sistem Informasi
Depositing User: Ms Nur Syadika
Date Deposited: 28 Aug 2023 06:23
Last Modified: 28 Aug 2023 06:23
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/5148

Actions (login required)

View Item View Item