Analisis Pemanfaatan Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Siswa Menggunakan Metode Fuzzy Service Quality Pada SMA N 10 Samarinda

Ansyari, Lutfi (2023) Analisis Pemanfaatan Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Siswa Menggunakan Metode Fuzzy Service Quality Pada SMA N 10 Samarinda. S1 Sistem Informasi thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
1841056-S1-Jurnal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB) | Request a copy
[img] Text
1841056-S1-Sistem Informasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sistem Informasi Akademik (SIA) adalah platform komputer yang dirancang untuk mengelola dan menyediakan informasi terkait aspek akademik di sebuah institusi pendidikan, seperti sekolah, universitas, atau lembaga lainnya. Sistem ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional, akurasi data, dan transparansi dalam administrasi akademik, serta memberikan dukungan bagi siswa, guru, dan pegawai akademik. Sistem Informasi Akademik pada SMA Negeri 10. Maka dibutuhkan sebuah hasil untuk mengukur tingkat kepuasan siswa dengan metode Fuzzy Service Quality pada SMAN 10 Samarinda. Metode ini mempunyai tahapan – tahapan yang jelas nyata dan praktis. Konsep logika fuzzy mudah dimengerti. Konsep matematis yang mendasari penalaran fuzzy sangat sederhana dan mudah dimengerti. Logika fuzzy sangat fleksibel. Logika fuzzy memiliki toleransi terhadap data-data yang tidak tepat. Logika fuzzy mampu memodelkan fungsi-fungsi nonlinear yang sangat kompleks serta Logika fuzzy didasarkan pada bahasa alami. Pada penelitian ini menghasilkan nilai dari kepuasan siswa dalam penggunaan layanan akademik yaitu pada website sistem informasi akademik. Dimana hasil yang didaptkan berupa atribut – atribut apa saja yang menjadi kendala atau tidak kepuasaan bagi siswa dalam penggunaan website sistem informasi akademik pada SMAN 10 Samarinda sehingga pihk SMAN 10 Samarinda dapat memperbaiki hal – hal yang membuat siswa tidak puas pada penggunaan website sistem informasi akademik. ============================================================ Academic Information System (SIA) is a computer platform designed to manage and provide information related to academic aspects in an educational institution, such as a school, university or other institution. This system aims to improve operational efficiency, data accuracy, and transparency in academic administration, as well as provide support for students, teachers, and academic staff. Academic Information System at SMA Negeri 10. Then a result is needed to measure the level of student satisfaction with the Fuzzy Service Quality method at SMA 10 Samarinda. This method has clear and practical stages. The concept of fuzzy logic is easy to understand. The mathematical concepts underlying fuzzy reasoning are very simple and easy to understand. Fuzzy logic is very flexible. Fuzzy logic has tolerance for imprecise data. Fuzzy logic is capable of modeling very complex nonlinear functions as well as fuzzy logic based on natural language. In this study, the value of student satisfaction in the use of academic services was generated, namely on the academic information system website. Where the results obtained are in the form of any attributes that are obstacles or dissatisfaction for students in using the academic information system website at SMAN 10 Samarinda so that SMAN 10 Samarinda can fix the things that make students dissatisfied when using the academic information system website.

Item Type: Thesis (S1 Sistem Informasi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Amelia Yusnita, S.Kom., M.Kom Pembimbing 2 : H. Pajar Pahrudin, S.Kom., M.H
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Akademik, Kota Samarinda, Fuzzy Service Quality.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Sistem Informasi
Depositing User: Lutfi Lutfi Ansyari
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:33
Last Modified: 25 Aug 2023 07:33
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/5091

Actions (login required)

View Item View Item