Aplikasi Pengenalan Kebudayaan Kalimantan Timur Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality

Wijiyanto, Irfan (2023) Aplikasi Pengenalan Kebudayaan Kalimantan Timur Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality. S1 Teknik Informatika thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
1943042-S1-Jurnal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text
1943042-S1-Teknik Informatika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Augmented reality (AR) adalah sebuah pencitraan benda maya 2 dimensi atau 3D (Tiga Dimensi) yang diproyeksikan kedalam dunia nyata Penggunaan teknologi ini akan sangat membantu dalam menyampaikan informasi kepada pengguna. Penerapan Augmented reality tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, namun teknlonogi Augmented Reality hanya menambahkan atau melengkapi dengan menggunakan Vuforia dan marker maka citra atau tampilan dalam bentuk tiga dimensi akan muncul pada layar smartphone. Unity3D merupakan software library, untuk membangun Augmented Reality. Aplikasi ini berbasis bahasa pemrograman C#. Penelitian ini bertujuan membangun aplikasi mutlimedia yang menggunakan teknologi augmented reality yang dapat membantu mengenalkan serta memudahkan untuk mengetahui tentang kebudayaan Kalimantan Timur. Penelitian dilakukan dengan menggunakan studi literatur dan dilakukan analisa untuk menetapkan kebutuhan-kebutuhan pengguna. Hasil akhir dari penelitian ini adalah aplikasi Augmented reality berbasis android yang dapat memvisualisasikan objek secara 3D (tiga dimensi). Hasil penelitian diuji coba ke pengguna yaitu siswa kelas enam SD Jamiatul Muttaqin dengan mendemokan dan siswa mengoperasikan secara langsung. Aplikasi berbasis Android ini dapat menampilkan objek 3D Kebudayaan Kalimantan Timur diantaranya Rumah Adat Lamin, Betang, Bulungan, Wahea Kemudian Senjata Tradisonal Mandau, Telawang, Sumpit Dayak, Keris Kemudian Baju Adat Sakai, Bulan Kuurung, Kustin, Antakusuma Kemudian Alat Musik Tradisional Sampe, Kulintang, Gambus, dan Lulung serta informasi tentang objek kebudayaan, aplikasi pengenalan kebudayaan Kalimantan Timur berbasis Android menggunakan Augmented Reality yang lebih menarik. ======================================================== Augmented reality (AR) is an imaging of virtual objects 2 dimensions or 3D (Three Dimensions) projected into the real world The use of this technology will be very helpful in conveying information to users. The application of Augmented reality is not like virtual reality that completely replaces reality, but Augmented Reality technology only adds or complements by using Vuforia and markers then the image or display in three-dimensional form will appear on the smartphone screen. Unity3D is a software library, to build Augmented Reality. This application is based on the C# programming language. This research aims to build a mutlimedia application that uses augmented reality technology that can help introduce and make it easier to know about the culture of East Kalimantan. Research was conducted using literature studies and analyzed to determine user needs. The final result of this research is an android-based Augmented reality application that can visualize objects in 3D (three dimensions). The results of the research were tested to users, namely sixth grade students of Jamiatul Muttaqin Elementary School by demoing and students operating directly. This Android-based application can display 3D objects of East Kalimantan Culture including Lamin Traditional Houses, Betang, Bulungan, Wahea Then Mandau Traditional Weapons, Telawang, Dayak Chopsticks, Keris Then Sakai Traditional Clothes, Bulan Kuurung, Kustin, Antakusuma Then Traditional Musical Instruments Sampe, Kulintang, Gambus, and Lulung as well as information about cultural objects, Android-based East Kalimantan cultural recognition applications using Augmented Reality are more interesting.

Item Type: Thesis (S1 Teknik Informatika)
Additional Information: Pembimbing 1 : H. Tommy Bustomi, S.Kom., M.Kom. Pembimbing 2 : Muhammad Ibnu Saad, S.Kom., M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Kebudayaan, Kalimantan Timur, Android, Augmented Reality
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: Irfan Irfan Wijiyanto
Date Deposited: 25 Aug 2023 05:38
Last Modified: 25 Aug 2023 05:38
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/5065

Actions (login required)

View Item View Item