Penerapan Virtual Reality Dalam Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Berdasarkan Jenis Makanan Berbasis Android

Shobirin, Shobirin (2023) Penerapan Virtual Reality Dalam Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Berdasarkan Jenis Makanan Berbasis Android. S1 Teknik Informatika thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
1743127-S1-TEKNIK INFORMATIKA .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
1743127-S1-Jurnal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum 2013 adalah kurikulum berbasis kompetensi yang dirancang untuk mengantisipasi kebutuhan kompetensi abad 21, di mana kreativitas dan komunikasi menjadi sangat penting. Metode pembelajaran yang digunakan pada Kurikulum 2013 untuk tingkat SD adalah menggunakan pendekatan pembelajaran tematik. Namun, metode pembelajaran konvensional seperti buku teks memiliki kelemahan dalam menstimulasi siswa secara aktif. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan, seperti Virtual Reality (VR), yang memungkinkan siswa berinteraksi dengan lingkungan maya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi media pembelajaran menggunakan Virtual Reality sebagai media pembelajaran hewan berdasarkan jenis makanan. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu siswa dalam mengenal dan memahami hewan berdasarkan jenis makanannya, serta membantu guru menciptakan metode mengajar yang menarik dan inovatif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) sebagai metode pengembangan sistemnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Virtual Reality pada sistem memerlukan smartphone, controller, dan VR BOX. Penggunaan Virtual Reality dalam penelitian ini memberikan kemudahan bagi siswa dalam memahami hewan berdasarkan jenis makanannya, sehingga dapat membantu siswa untuk mengenali jenis-jenis hewan di kemudian hari. Selain itu, aplikasi VR ini juga memberikan kemudahan lebih bagi guru karena dapat menjadi sarana pembelajaran yang lebih interaktif bagi siswa - siswanya. Kesimpulannya, penggunaan Virtual Reality dalam media pembelajaran ini dapat meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar, serta membantu guru menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif. ============================================================ Curriculum 2013 is a competency-based curriculum designed to anticipate the competency needs of the 21st century, emphasizing the importance of creativity and communication skills. The learning method used in Curriculum 2013 for elementary school level is the thematic learning approach. However, conventional learning methods, such as textbooks, have limitations in actively engaging students. Therefore, an interactive and enjoyable learning media is needed, such as Virtual Reality (VR), which allows students to interact with virtual environments. This research aims to design a learning media application using Virtual Reality as a medium for learning about animals based on their food types. The application is expected to assist students in recognizing and understanding animals based on their food types, as well as helping teachers create attractive and innovative teaching methods. The Research and Development (R&D) method is used in this study to develop the system. The results of the research indicate that implementing Virtual Reality in the system requires a smartphone, controller, and VR BOX. The use of Virtual Reality in this research provides convenience for students to understand animals based on their food types, thus helping student for identify various animal species in the future. Additionally, the VR application also provides ease of use for teachers, serving as an interactive learning tool for their students. In conclusion, the use of Virtual Reality in this learning media enhances student interaction and engagement in the teaching and learning process, while assisting teachers in creating an attractive and interactive learning environment.

Item Type: Thesis (S1 Teknik Informatika)
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs. Azahari, M.Kom Pembimbing 2 : Eka Arriyanti, S.Pd., M.Kom., I.G
Uncontrolled Keywords: Virtual Reality, Hewan, Jenis Makanan,VR Box
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: Mr Shobirin .
Date Deposited: 25 Aug 2023 00:15
Last Modified: 25 Aug 2023 00:15
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/5023

Actions (login required)

View Item View Item