Sistem Informasi Buku Tamu dan Pengaduan Masyarakat di Kantor Camat Tenggarong Seberang

Putri, Ni Luh Deswita Riswan (2023) Sistem Informasi Buku Tamu dan Pengaduan Masyarakat di Kantor Camat Tenggarong Seberang. D3 Manajemen Informatika thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
2031007-D3-Jurnal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (991kB) | Request a copy
[img] Text
2031007-D3-Manajemen Informatika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kantor Camat Tenggarong Seberang adalah kantor camat yang terletak pada wilayah tenggarong seberang desa manunggal jaya no.16, kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Kantor camat ini adalah pusat pelayanan publik pada wilayah tenggarong seberang. Penelitian ini adalah untuk membantu membuat web Buku Tamu dan Pengaduan Masyarakat yang memudahkan para pegawai tamu serta pengaduan masyarakat secara online pada kantor camat tenggarong seberang. Penelitian dilakukan pada Kantor Camat Tenggarong Seberang. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan Buku Tamu dan Pengaduan Masyarakat dan observasi yaitu pengamatan langsung di Kantor Camat Tenggarong Seberang. Metode pengembangan sistem menggunakan Waterfall dan alat bantu pengembangan sistemnya adalah UML (Unified Modeling Language). Dengan metode ini, proses pengembangan aplikasi lebih menghemat waktu dan penentuan kebutuhan user lebih mudah diwujudkan karena dalam tahap penyesuaian kebutuhan dan keinginan user berpartisipasi aktif. Dengan adanya Sistem Informasi Buku Tamu dan Pengaduan Masyarakat di Kantor Camat tenggarong Seberang, pegawai dalam mengisi Buku Tamu tidak menggunakan sistem manual lagi serta adanya sistem pengaduan Masyarakat yang efisien menjadi lebih efisien waktu dan terdokumentasi dengan baik. Pada hasil testing dapat disimpulkan bahwa hasil pengujian pertanyaan kuesioner kepada 10 (sepuluh) responden dapat ditarik kesimpulan bahwa 91.2% responden menjawab Sistem Informasi Buku Tamu dan Pengaduan Masyarakat di Kantor Camat Tenggarong Seberang berbasis web memenuhi kriteria-kriteria situs website aplikasi yang sangat baik. Kata Kunci : Buku Tamu, Pengaduan Masyarakat, pengaduan keluhan Terhadap Wilayah, Website ==================================================================== The Sub-District Office of Tenggarong Seberang is the sub-district office located in the Tenggarong Seberang village of Manunggal Jaya No.16, Kutai Kartanegara Regency, East Kalimantan. This sub-district office serves as a public service center in the Tenggarong Seberang area. This study aims to assist in creating a Guest Book and Public Complaints web application that facilitates online interaction for guest employees and public complaints at the Tenggarong Seberang sub-district office. The research was conducted at the Sub-District Office of Tenggarong Seberang. Data collection methods included interviews with relevant questions about the Guest Book and Public Complaints and direct observations at the Tenggarong Seberang sub-district office. The system development method employed the Waterfall model, and the development process was aided by Unified Modeling Language (UML). This approach streamlined the application development process, saving time, and making user requirement adjustments and participatory input more manageable during the requirement customization phase. With the implementation of the Guest Book and Public Complaints Information System at the Tenggarong Seberang sub-district office, the manual guest book filling process for employees was replaced, and the efficiency of the public complaints system was significantly improved, ensuring proper documentation. The results of testing indicated that from the questionnaire-based testing of 10 respondents, it could be concluded that 91.2% of respondents found that the Guest Book and Public Complaints Information System at the Tenggarong Seberang sub-district office, based on a web platform, met the criteria of an excellent website application. Keywords: Guest Book, Public Complaints, complaints about employee services, Web-Based

Item Type: Thesis (D3 Manajemen Informatika)
Additional Information: Pembimbing : Hanifah Ekawati, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Buku Tamu, Pengaduan Masyarakat, pengaduan keluhan Terhadap Wilayah, Website Keywords: Guest Book, Public Complaints, complaints about employee services, Web-Based
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Manajemen Informatika
Manajemen Informatika
Depositing User: Ms Ni Luh Deswita Riswan Putri
Date Deposited: 24 Aug 2023 02:00
Last Modified: 24 Aug 2023 02:00
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/4957

Actions (login required)

View Item View Item