Penerapan Algoritma A* Untuk Enemy Pada Game The Gate Of Defense (The GOD)

Hernawan, Irvan Agus (2023) Penerapan Algoritma A* Untuk Enemy Pada Game The Gate Of Defense (The GOD). S1 Teknik Informatika thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
1743080-S1-Teknik Informatika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
1743080-S1-Jurnal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Game telah menjadi media hiburan populer di kalangan berbagai usia, dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain sebagai hiburan, game juga menjadi cara efektif untuk mengatasi kebosanan dari rutinitas sehari-hari. Dengan pesatnya perkembangan teknologi, game telah mengalami berbagai kemajuan dan kini tersedia dalam beragam jenis dan platform, memungkinkan pemain untuk memainkannya dengan mudah di berbagai perangkat kapan saja. penelitian ini berfokus pada game "The Gate Of Defense," sebuah permainan tower defense di mana pemain berperan sebagai penjaga gerbang bernama Gusti Zaleha. Cerita game ini mengikuti perjuangan Gusti Zaleha yang harus sendirian menjaga satu gerbang kastil karena penjaga lainnya sibuk melindungi gerbang lain yang akan diserang oleh penjajah secara besar-besaran. Gusti Zaleha bertugas menjaga sisi gerbang lainnya agar tidak diserang dari belakang oleh para penjajah tersebut. Metode yang digunakan dalam pengembangan game ini adalah Algoritma A*. Algoritma A* digunakan sebagai algoritma pencarian rute terpendek yang dioptimasi dari metode Breadth First Search dengan memodifikasi fungsi heuristiknya untuk memberikan hasil yang lebih optimal. Dengan menerapkan Algoritma A* pada pergerakan musuh dalam game, penulis bertujuan untuk menciptakan pengalaman bermain yang menantang dan seru. Penerapan Algoritma A* Untuk NPC Pada Game The Gate of Defense (The God). dimana metode yang digunakan pada game “The Gate of Defense” untuk mengimplementasikan algoritma A* dalam pembuatan Game sehingga NPC penjajah dalam Game dapat menemukan jalur terpendek dari titik awal ke titik akhir. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan game yang menarik dan menghibur, serta memberikan wawasan tentang penerapan Algoritma A* dalam pengaturan pergerakan musuh dalam game tower defense. Diharapkan pula bahwa game ini dapat memberikan pengalaman bermain yang menantang dan mengasyikkan bagi para pemainnya. ============================================================ Games have become a popular entertainment medium across various age groups, from children to adults. In addition to providing entertainment, games have also proven to be an effective way to counter the monotony of daily routines. With the rapid advancement of technology, games have undergone significant progress and are now available in diverse genres and platforms, allowing players to easily engage with them on various devices at any time. This research centers around the game "The Gate Of Defense," a tower defense game where players take on the role of a gatekeeper named Gusti Zaleha. The game's narrative follows the struggles of Gusti Zaleha, who must single-handedly guard one castle gate as other guards are preoccupied protecting different gates that are susceptible to large-scale invasions by invaders. Gusti Zaleha's duty is to safeguard the other side of the gate to prevent attacks from behind by these invaders. The method employed in the development of this game is the A* Algorithm. The A* Algorithm serves as a shortest path search algorithm optimized from the Breadth First Search method, with modifications made to its heuristic function to yield more optimal outcomes. By implementing the A* Algorithm in enemy movements within the game, the author aims to create a challenging and exciting gaming experience. The Implementation of the A* Algorithm for NPCs in The Gate of Defense Game (The God) is utilized in the "The Gate of Defense" game to incorporate the A* algorithm in game development, enabling NPC invaders in the game to discover the shortest path from the starting point to the endpoint. The results of this research are expected to contribute to the development of captivating and entertaining games, as well as to provide insights into the application of the A* Algorithm in managing enemy movements within tower defense games. It is also hoped that this game can offer a challenging and engaging playing experience for its players.

Item Type: Thesis (S1 Teknik Informatika)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. H. Nursobah, S.Kom., M.Kom., IPM., ASEAN Engineer. Pembimbing 2 : Andi Yusika Rangan, S.Kom., M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Penerapan Algoritma A*, Game, The Gate Of Defense
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: mr Irvan Agus Hernawan
Date Deposited: 23 Aug 2023 06:03
Last Modified: 23 Aug 2023 06:03
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/4938

Actions (login required)

View Item View Item