Analisis Pola Belanja Konsumen Untuk Menentukan Tata Letak Barang Menggunakan Market Basket Analysis Pada Toko Purnama

Purnomo, Sarifmarta (2023) Analisis Pola Belanja Konsumen Untuk Menentukan Tata Letak Barang Menggunakan Market Basket Analysis Pada Toko Purnama. S1 Sistem Informasi thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
1941052-S1-Jurnal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
1941052-S1-SISTEM INFORMASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Dewasa ini hampir setiap aktivitas selalu menghasilkan data, seperti bidang bisnis data transaksi penjualan setiap harinya yang tersimpan di sistem Database akan selalu bertambah dan menumpuk seperti halnya pada Toko Purnama. Toko purnama adalah Usaha Kecil dan Menengah yang menjual berbagai perlengkapan sekolah dan perlengkapan acara yang menggunakan sistem POS untuk setiap transaksinya. Data yang ada hanya dijadikan arsip oleh pemilik toko sehingga berdampak pada strategi penjualan yang tidak terlaksana dengan baik, padahal data yang ada dapat diolah menjadi informasi untuk menentukan tata letak barang sehingga berdampak pada meningkatkan terjadinya impulse buying, menaikan atau mempertahankan omzet, dan meminimalisir produk yang menumpuk hingga kadaluarsa yang dapat merugikan Toko. Metode penelitian ini disebut dengan market basket analysis atau disebut juga dengan association rules yang merupakan salah satu teknik pada data mining untuk menemukan pola-pola yang sering muncul secara bersamaan pada data transaksi, sehingga dapat digunakan sebagai metode untuk mencari informasi mengenai barang seperti apa yang sering dibeli oleh konsumen secara bersamaan. Hasil dari penelitian ini yaitu berdasarkan analisis data menggunakan Aplikasi Rapidminer didapatkan 25 hubungan asosiatif atau rules dengan nilai lift ratio lebih dari 1, aturan tersebut menjadi acuan dalam menentukan tata letak barang. Pemberian rekomendasi perubahan tata letak bertujuan untuk memudahkan konsumen dalam berbelanja, meningkatkan kemungkinan terjadinya impulse buying oleh konsumen, dan memaksimalkan dalam hal pemajangan produk, sehingga mengurangi penumpukan barang pada Gudang Toko Purnama. =========================================================== Today almost every activity always produces data, such as the business field sales transaction data every day stored in the Database system will always increase and accumulate as well as in the Purnama Store. Purnama stores are Small and Medium Enterprises that sell a variety of school supplies and event supplies that use a POS system for each transaction. The existing data is only used as an archive by the store owner so that it has an impact on sales strategies that are not implemented properly, even though the existing data can be processed into information to determine the layout of goods so that it has an impact on increasing the occurrence of impulse buying, increasing or maintaining turnover, and minimizing products that accumulate until expiration which can harm the store. This research method is called market basket analysis or also called association rules which is one of the techniques in data mining to find patterns that often appear simultaneously in transaction data, so that it can be used as a method to find information about what kind of goods are often purchased by consumers simultaneously. The results of this study are based on data analysis using the Rapidminer Application obtained 25 associative relationships or rules with a lift ratio value of more than 1, these rules become a reference in determining the layout of goods. The provision of layout change recommendations aims to make it easier for consumers to shop, increase the possibility of impulse buying by consumers, and maximize in terms of product display, thereby reducing the accumulation of goods in the Purnama Store Warehouse.

Item Type: Thesis (S1 Sistem Informasi)
Additional Information: Pembimbing 1: Dr. Heny Pratiwi, S.Kom., M.Pd., M.TI Pembimbing 2: Muhammad Ibnu Sa'ad, S.Kom., M.Kom
Uncontrolled Keywords: Analisis pola belanja, tata letak barang, Market Basket Analysis, Association rules, Data mining
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Sistem Informasi
Depositing User: Sarifmarta Sarif Sarif
Date Deposited: 24 Aug 2023 01:54
Last Modified: 24 Aug 2023 01:54
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/4897

Actions (login required)

View Item View Item