Analisis Tingkat Keberhasilan Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Pembelajaran Siswa Pada SMK Negeri 1 Samarinda Dengan Metode Customer Satisfaction Index

Yuliska, Aji Daffa Ramadhan Putra (2023) Analisis Tingkat Keberhasilan Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Pembelajaran Siswa Pada SMK Negeri 1 Samarinda Dengan Metode Customer Satisfaction Index. S1 Sistem Informasi thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
1941049- S1-Sistem Informasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
1941049-S1-Jurnal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk dapat mengetahui Tingkat Keberhasilan Implementasi Kurikulum Merdeka bagi Pembelajaran Siswa dimana penelitian ini akan mengukur suatu proses kejadian yang dialami dan hanya dirasakan oleh siswa dan siswi selama proses pembelajaran mereka menggunakan kurikulum merdeka, sehingga nantinya penelitian ini dapat mewakili harapan dan persepsi mereka untuk dapat meningkatkan pemahaman dan keahliannya. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan ialah berupa kuesioner, observasi, wawancara dan studi literatur yang berupa landasan teori yang digunakan dalam mendukung pembentukan kuesioner. Dalam Penelitian ini metode yang digunakan ialah Customer Satisfaction Index, dengan menggunakan dimensi kuesioner yaitu servqual sebagai perbandingan dalam persentase yang didapatkan nantinya, dan dengan SMK Negeri 1 Samarinda sebagai tempat penelitiannya. Adapun hasil akhir dari penelitian ini yaitu, dengan menggunakan metode perhitungan customer satisfaction index diharapkan mampu menghasilkan sebuah informasi berupa persentase keberhasilan yang telah diraih dalam implementasi kurikulum merdeka bagi pembelajaran siswa, dan dapat meningkatkannya lagi melalu konsep servqual dimana kuesioner yang memiliki gap tertinggi dapat menjadi perhatian dalam meningkatkan keberhasilan implementasi kurikulum merdeka bagi pembelajaran siswa. ============================================================== This research was conducted in order to find out the Success Level of Implementation of the Independent Curriculum for Student Learning where this research will measure a process of events experienced and only felt by students during their learning process using the independent curriculum, so that later this research can represent their hopes and perceptions for can increase their understanding and expertise. In this study the data collection method used was in the form of questionnaires, observations, interviews and literature studies in the form of a theoretical basis used to support the formation of the questionnaire. In this study the method used was the Customer Satisfaction Index, using a questionnaire dimension, namely servqual as a comparison in the percentages obtained later, and with SMK Negeri 1 Samarinda as the research location. The final result of this study is that using the customer satisfaction index calculation method is expected to be able to produce information in the form of the percentage of success that has been achieved in the implementation of the independent curriculum for student learning, and can increase it again through the servqual concept where the questionnaire that has the highest gap can be a concern in increasing the successful implementation of the independent curriculum for student learning.

Item Type: Thesis (S1 Sistem Informasi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Heny Pratiwi, S.Kom., M.Pd., M.TI Pembimbing 2 : Amelia Yusnita, S.Kom., M.Kom
Uncontrolled Keywords: Analisis Tingkat Keberhasilan, Implementasi Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Siswa, Dengan Metode Customer Satisfaction Index.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Sistem Informasi
Depositing User: Mr Aji Daffa Ramadhan Putra Yuliska
Date Deposited: 22 Aug 2023 05:45
Last Modified: 22 Aug 2023 05:45
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/4871

Actions (login required)

View Item View Item