Husna, Siti (2023) PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN MOTIF BATIK KALIMANTAN TIMUR BERBASIS ANDROID. S1 Teknik Informatika thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.
Text
1943050-S1-JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
1943050-S1-TeknikInformatika.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Augmented reality merupakan teknologi yang berkembang di dunia yang menggabungkan benda maya dua dimensi ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda tersebut dalam waktu nyata. Istilah ini biasanya digunakan dalam bidang seni, animasi, komputer dan matematika. Penerapan teknologi Augmented Reality tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, namun Augmented Reality hanya menambahkan atau melengkapi kenyataan dengan menggunakan Library Vuforia dan marker maka citra dalam bentuk tiga dimensi akan muncul pada layar smarthpone. Unity3D adalah software library, untuk membangun Augmented Reality (AR) . Aplikasi ini berbasis bahasa pemrograman C#. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi multimedia yang menggunakan teknologi Augmented Reality dan bisa memberikan informasi mengenai batik. Penelitian dilakukan dengan menggunakan studi literatur dan dilakukan analisa untuk menetapkan kebutuan-kebutuhan pengguna. Hasil akhir dari penelitian ini adalah aplikasi Augmented Reality berbasis android yang dapat memvisualisasikan objek secara 3 dimensi Hasil penelitian diuji coba ke pelanggan mitra kids dengan mendemokan dan pelanggan mengoperasikan secara langsung. Aplikasi berbasis android ini dapat menampilkan objek 3D gaun batik, kubus batik, dan informasi tentang motif batik di KALIMANTAN TIMUR, aplikasi pengenalan motif batik Kalimantan timur berbasis Augmented Reality yang lebih menarik. ============================================================ Augmented reality is a technology that is developing in the world that combines two-dimensional or three-dimensional virtual objects into a real threedimensional environment and then projects these objects in real time. The term is usually used in the fields of art, animation, computers and mathematics. The application of augmented reality technology is not like virtual reality which completely replaces reality, but augmented reality only adds or complements reality by using the Vuforia library and markers so that three-dimensional images will appear on the smartphone screen. Unity3D is a software library, for building augmented reality (AR). This application is based on the C# programming language. This study aims to build a multimedia application that uses augmented reality technology and can provide information about batik. The research was carried out using a literature study and an analysis was carried out to determine the needs of the users. The final result of this research is an Android-based augmented reality application that can visualize objects in 3 dimensions. The results of the research were tested on Mitra Kids customers by demonstrating and customers operating directly. This android-based application can display 3D objects of batik dresses, batik cubes, and information about batik motifs in EAST KALIMANTAN, an application for recognizing East Kalimantan batik motifs based on Augmented Reality that is more interesting.
Item Type: | Thesis (S1 Teknik Informatika) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Dr. Heny Pratiwi, S.Kom., M.Pd., M.TI Pembimbing 2 : Muhammad Ibnu Sa’ad, S.Kom., M.Kom |
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Android, Batik |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Teknik Informatika |
Depositing User: | una una una |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 07:28 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 07:28 |
URI: | http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/4819 |
Actions (login required)
View Item |