Membangun Multimedia Pembelajaran Perhitungan Jarimatika Pada Bimbingan Belajar Star Kids Samarinda

Ardan.S, Muhammad (2023) Membangun Multimedia Pembelajaran Perhitungan Jarimatika Pada Bimbingan Belajar Star Kids Samarinda. S1 Sistem Informasi thesis, STIMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
1541074-S1-Jurnal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (853kB) | Request a copy
[img] Text
1541074-S1-Sistem Informasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran jarimatika sangat menarik untuk dikembangkan dengan memanfaatkan kemampuan teknologi yang ada saat ini kemampuan komputer dapat melakukan suatu tugas yang ingin dibuat oleh pengguna. Salah satu hal yang dapat dikenalkan oleh anak-anak adalah tentang Metode cara berhitung menggunakan jari yang biasa di sebut jarimatika. Dengan kemampuan komputer yang ada saat ini dapat langsung menerapkan kemampuan dari perangkat lunak yang digunakan untuk membantu tugas dari pengguna. Media pembelajaran jarimatika ini menyediakan beberapa materi tentang nilai dan fungsi setiap jari dan latihan soal untuk melatih kemampuan yang mereka pelajari untuk menambah kemampuan pengguna. Media pembelajaran jarimatika ini dikembangkan dengan metode pengembangan sistem multimedia luther sutopo yang terdiri dari konsep, desain (rancangan), pengumpulan materi, penyusunan dan pembuatan, testing dan distribusi. metode pengumpulan data dengan wawancara, studi pustaka dan observasi, analisis perancangan dengan menggunakan flowchart. Dalam mengembangkan media pembelajaran ini menggunakan aplikasi construct 2, adobe photoshop CS6. Metode pengujian yang digunakan adalah Metode pengujian black-box dan alpha testing. Dengan adanya media pembelajaran jarimatika ini, dapat menambah ilmu dan melatih kemampuan dalam materi matematika dengan materi dan latihan ini dapat membuat anak-anak semakin menyukai matematika. ============================================================ Jarimatika learning media is very interesting to be developed by utilizing the current technological capabilities of the computer's ability to perform a task that the user wants to make. One of the things that can be introduced by children is about the method of counting using fingers which is commonly called Jarimatika. With the capabilities of computers that exist today can directly apply the capabilities of the software used to assist the task of the user. This Jarimatika learning media provides some material about the value and function of each finger and practice questions to practice the skills they learn to increase the user's abilities. This Jarimatika learning media was developed using the Luther Sutopo multimedia system development method which consists of concept, design (design), material collection, preparation and manufacture, testing and distribution. data collection methods with interviews, literature study and observation, design analysis using flowcharts. In developing this learning media using the Construct 2 application, Adobe Photoshop CS6. The testing method used is the black-box testing method and alpha testing. With this Jarimatika learning media, it can add knowledge and practice skills in math material with these materials and exercises can make children like math even more.

Item Type: Thesis (S1 Sistem Informasi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Eka Arriyanti, S.Pd., M.Kom., I.G Pembimbing 2 : Hanifah Ekawati, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Membangun, Media Pembelajaran, Jarimatika
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Sistem Informasi
Depositing User: Mr Muhammad Ardan.S
Date Deposited: 20 Feb 2023 06:03
Last Modified: 20 Feb 2023 06:03
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/4728

Actions (login required)

View Item View Item