Penerapan Data Mining Untuk Menganalisis Data Penjualan Pada Toko Karya Mandiri Menggunakan Metode Apriori

Ilhammullah, Aldi Warid (2022) Penerapan Data Mining Untuk Menganalisis Data Penjualan Pada Toko Karya Mandiri Menggunakan Metode Apriori. S1 Sistem Informasi thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
1741012- S1 - Sistem Informasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
1741012- S1 - Jurnal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB) | Request a copy

Abstract

Penjualan merupakan salah satu fungsi pemasaran yang menentukan dalam usaha mencapai tujuan. Philip Kotler memberikan pengertian penjualan sebagai suatu kegiatan yang ditujukan untuk mencari pembeli, mempengaruhi, dan memberikan petunjuk agar pembeli dapat menyesuaikan kebutuhannya dengan produk yang ditawarkan serta mengadakan perjanjian mengenai harga yang menguntungkan bagi kedua belah pihak. Algoritma apriori termasuk jenis aturan asosiasi pada data mining. Apriori adalah algoritma yang diusulkan oleh R. Agrawal dan R. Srikant pada tahun 1994 untuk mencari frequent itemset untuk aturan asosiasi Boolean. Algoritma apriori adalah algoritma paling dasar untuk menemukan frequent itemset. Algoritma Apriori dapat dimanfaatkan dalam proses penjualan dengan memberikan hubungan antara data penjualan, dalam hal ini alat ataupun bahan yang dipesan sehingga akan di dapat pola pembelian konsumen. Dari hasil pengujian analisis ini juga dapat membantu pihak Toko Karya Mandiri untuk mengatur tata letak barang yang akan dipasarkan yang berguna untuk meningkatkan penjualan barang tersebut. ============================================================ Sales is one of the decisive marketing functions in an effort to achieve goals. Philip Kotler defines sales as an activity aimed at finding buyers, influencing, and providing instructions so that buyers can adjust their needs to the products offered and enter into agreements regarding prices that are beneficial for both parties. The a priori algorithm is a type of association rule in data mining. Apriori is an algorithm proposed by R. Agrawal and R. Srikant in 1994 to find frequent itemset for Boolean association rules. The a priori algorithm is the most basic algorithm for finding frequent itemset. The Apriori algorithm can be used in the sales process by providing a relationship between sales data, in this case the tools or materials ordered so that consumer purchasing patterns will be obtained. From the test results, this analysis can also help Toko Karya Mandiri to arrange the layout of the goods to be marketed which is useful for increasing sales of these goods.

Item Type: Thesis (S1 Sistem Informasi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Heny Pratiwi S.Kom., M.Pd., M.TI Pembimbing 2 : Bartolomius Harpad S.Kom., M.Kom
Uncontrolled Keywords: Data mining, Apriori, Support, Confidence, RapidMiner
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Sistem Informasi
Depositing User: Mr Aldi Warid.I
Date Deposited: 15 Jun 2022 01:28
Last Modified: 15 Jun 2022 01:28
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/4141

Actions (login required)

View Item View Item