Komparasi Algoritma Naive Bayes Dan C4.5 Dalam Klasifikasi Tipe Belajar Siswa Di SMKN 1 Samarinda

Alfarisyii, Ricky Fauzi (2022) Komparasi Algoritma Naive Bayes Dan C4.5 Dalam Klasifikasi Tipe Belajar Siswa Di SMKN 1 Samarinda. S1 Teknik Informatika thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
1543136-S1-Teknik Informatika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
1543136-S1-Jurnal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB) | Request a copy

Abstract

Ricky Fauzi Alfarisyi, 2022, Komparasi Algoritma Naive Bayes Dan C4.5 Dalam Klasifikasi Tipe Belajar Siswa SMKN 1 Samarinda. Skripsi Program Studi Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Cipta Dharma, Pembimbing (I) Salmon, S.Kom., M.Kom, Pembimbing (II) Wahyuni, S.Kom., M.Kom. Kata Kunci : Komparasi, Tipe Belajar, Data Mining, Naive Bayes, C4.5 Penelitian ini dilakukan untuk membuat pengumpulan data tipe belajar siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Samarinda dengan menggunakan Algoritma Naïve Bayes dan Algoritma C4.5, dengan tujuan memberikan proses pembelajaran yang baik dan efektif. Hasil akhir penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memperoleh ilmu dari guru serta membandingkan hasil dari kedua algoritma tersebut untuk mengetahui algortima mana yang memiliki kinerja terbaik. Dipilihnya Algoritma Naive Bayes & Algortima C4.5 sebagai Algoritma yang dibandingkan adalah lantaran taraf akurasi pengklasifikasikannya relatif tinggi. Di dalam penelitian ini akan menggunakan dataset tipe belajar siswa yang berjumlah 572 data. Data ini diambil dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Samarinda yang nantinya akan dilakukan komparasi di kedua algoritma tersebut berdasarkan hasil accuracy, precision, recall, dan t-test. Berdasarkan hasil pengujian pada kedua algoritma dengan menggunakan dataset yang berjumlah 572 data. Naïve Bayes menghasilkan nilai Accuracy 82.69% dengan tingkat precision dan recall ditiap atributnya yaitu visual 81.33% 92.47%, kinestetik 83.47 71.63%, sedangkan auditorial 85.71% 73.38%. Kemudian untuk algoritma C4.5 menghasilkan nilai Accuracy 93,01% dengan tingkat precision dan recall ditiap atributnya yaitu visual 93.98% 96.23%, kinestetik 90.37% 86.52%, sedangkan auditorial 93.48% 92.81% dan mendapatkan hasil nilai uji T-test sebesar 0.830 untuk Naïve Bayes, 0.935 untuk C4.5 dengan nilai taraf signifikansi sebesar 0.000 yang menunjukkan bahwa adanya perbedaan hasil yang signifikan dari kedua algoritma jika nilai taraf signifikansinya di bawah nilai . ============================================================ Ricky Fauzi Alfarisyi, 2022, Comparison of the Naive Bayes Algorithm and C4.5 in Classification of Learning Types of Students at SMKN 1 Samarinda. Thesis of Informatics Engineering Study Program, College of Informatics and Computer Management Widya Cipta Dharma, Supervisor (I) Salmon, S.Kom., M.Kom, Supervisor (II) Wahyuni, S.Kom., M.Kom. Keywords: Comparison, Learning Type, Data Mining, Naive Bayes, C4.5 This research was conducted to collect data on the type of student learning at the State Vocational High School 1 Samarinda using the Naïve Bayes Algorithm and the C4.5 Algorithm, with the aim of providing a good and effective learning process. The final result of this study also aims to improve students' ability to gain knowledge from the teacher and compare the results of the two algorithms to find out which algorithm has the best performance. The choice of the Naive Bayes Algorithm & Algortima C4.5 as the compared algorithm is because the classification accuracy level is relatively high. In this study will use a dataset of student learning types which amount to 572 data. This data is taken from the State Vocational High School 1 Samarinda, where a comparison will be made on the two algorithms based on the results of accuracy, precision, recall, and t-test. Based on the test results on both algorithms using a dataset of 572 data. Naïve Bayes produces an Accuracy value of 82.69% with a precision and recall level for each attribute, namely visual 81.33% 92.47%, kinesthetic 83.47 71.63%, while auditory 85.71% 73.38%. Then for the C4.5 algorithm, it produces an Accuracy value of 93.01% with a precision and recall level for each attribute, namely visual 93.98% 96.23%, kinesthetic 90.37% 86.52%, while auditory 93.48% 92.81% and getting the results of the T-test value of 0.830 for Naïve Bayes, 0.935 for C4.5 with a significance level of 0.000 which indicates that there is a significant difference in the results of the two algorithms if the significance level value is below the alpha value <0.05.

Item Type: Thesis (S1 Teknik Informatika)
Additional Information: Pembimbing 1 : Salmon, S.Kom., M.Kom Pembimbing 2 : Wahyuni, S.kom, M.Kom
Uncontrolled Keywords: Komparasi, Tipe Belajar, Data Mining, Naive Bayes, C4.5
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: Ricky Fauzi Alfarisyi
Date Deposited: 21 Feb 2022 05:01
Last Modified: 21 Feb 2022 05:01
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/4080

Actions (login required)

View Item View Item