Analisis Kepuasan Pengguna Online single Submission(OSS) Pada Kantor Kecamatan Samarinda Utara Menggunakan Webquaal 4.0

Melani, Casrini (2021) Analisis Kepuasan Pengguna Online single Submission(OSS) Pada Kantor Kecamatan Samarinda Utara Menggunakan Webquaal 4.0. S1 Sistem Informasi thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
1741146-SI-Sistem Informasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
1741146-SI-Jurnal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di sektor pemerintahan atau biasa yang disebut e-government telah digunakan untuk meningkatkan pelayanan publik salah satunya yakni dalam pelayanan perizinan berusaha. Online Single Submission (OSS) menjadi inovasi pemerintah agar pelaku usaha dapat menggunakan layanan di mana saja dan kapan saja. Indikator keberhasilan pelayanan publik yakni dengan melihat kepuasan pengguna. Oleh sebab itu, peneliti akan menguji pengaruh berbagai faktor terhadap kepuasan pengguna layanan Online Single Submission (OSS) di Kecamatan Samarinda Utara. Penelitian ini menggunakan Metode Webqual 4.0 dengan menggunakan variable yakni kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas pelayanan, penggunaan, kepuasan pengguna. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem, kualitas pelayanan, penggunaan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna, sedangkan kualitas informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna yang ditunjukkan melalui terdapatnya pelaku usaha yang masih membutuhkan pendampingan dalam mengakses layanan. “=============================================================” The development of information and communication technology in the government sector or commonly called e-government has been used to improve public services, one of which is in business licensing services. Online Single Submission (OSS) is a government innovation so that business actors can use services anywhere and anytime. The indicator of the success of public services is by looking at user satisfaction. Therefore, the researcher will examine the effect of various factors on the satisfaction of Online Single Submission (OSS) service users in North Samarinda District. This study uses the Webqual 4.0 method by using variables namely system quality, information quality, service quality, usage, user satisfaction. This study uses quantitative methods. The sample used in this study amounted to 5 people. The results showed that system quality, service quality, usage had an effect on user satisfaction, while information quality had no significant effect on user satisfaction as indicated by the presence of business actors who still needed assistance in accessing services.

Item Type: Thesis (S1 Sistem Informasi)
Additional Information: Pembimbing 1: Eka Arriyanti, S.Pd., M.Kom Pembimbing 2: Reza Andrea, S.Kom., M.Kom
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pengguna, Keberhasilan dan Webqual, Online Single Submission metode sample jenuh, SPSS. Kepuasan Pengguna, Keberhasilan dan Webqual, Online Single Submission metode sample jenuh, SPSS. Kepuasan Pengguna, Keberhasilan dan Webqual, Online Single Submission metode sample jenuh, SPSS. Kepuasan Pengguna, Keberhasilan dan Webqual, Online Single Submission metode sample jenuh, SPSS.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Sistem Informasi
Depositing User: Mrs casrini melani
Date Deposited: 24 Aug 2021 03:31
Last Modified: 24 Aug 2021 03:31
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/3928

Actions (login required)

View Item View Item