Analisis Kualitas Layanan Website DisDukCapil Kutai Kartanegara Dengan Metode Webqual 4.0 Modifikasi

Irawan, Pery (2021) Analisis Kualitas Layanan Website DisDukCapil Kutai Kartanegara Dengan Metode Webqual 4.0 Modifikasi. S1 Sistem Informasi thesis, STIMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
1741095_S1_Sistem Informasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
1741095_S1_JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (746kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Pengukuran kualitas website pemerintahan yang dianalisis dari segi pelayanan masyarakat merupakan ide dasar dalam penelitian ini. Ide tersebut didasari oleh Instruksi Presiden Nomor 3 tahun 2003 yang menjelaskan bahwa untuk mencapai tata kelola IT Pemerintahan atau E-Government yang baik perlu adanya evaluasi yang kontinu. Pelayanan masyarakat merupakan kegiatan pemerintah yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan, oleh karena itu peningkatan pelayanan masyarakat (public service) harus mendapatkan perhatian utama dari pemerintah, karena pelayanan masyarakat merupakan hak-hak sosial dasar dari masyarakat (social rights ataupun fundamental rights). Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan metode pengujian sistem yaitu Uji Validitas, Uji Realibilitas dan Uji Normalitas. Untuk menghitung akurasi alat ukur terhadap yang dukue walaupun dengan reliabilitas alat ukut itu sendiri. Pada uji reabilitas variabel kualiatas informasi memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Dapat dibuktikan dengan nilai sginifaksi yang didaptkan dari uji reabilitas sebesa 0.400 > 0.279. dari perbadingan tersebut memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasa pengguna. Rekomendasi yang diberikan untuk meningkat kualitas website adalah melakukan penambahan halaman tutorial atau panduan untuk mencari informasi serta update secara berkala dan perbaikan desain tampilan. ========================================================= ABSTRACT Pery Irawan, 2021, Analysis of the Service Quality of the Kutai Kartanegera DisdukCapil Website Using the Modified Webqual 4.0 Method. STMIK Widya Cipta Dharma, Principal Advisior, Pitrasacha Adytia, S.T., M.T, Counselor Advisor, Basrie, S.Kom., M.Kom. Keywords: Service Quality Analysis, Website, Webqual 4.0 Modification Method Metode Measuring the quality of government websites analyzed in terms of public services is the basic idea in this research. The idea is based on Presidential Instruction No. 3 of 2003 which explains that in order to achieve good IT governance or E-Government, continuous evaluation is necessary. Public service is a government activity that is in accordance with statutory regulations, therefore improving public services must get the main attention of the government, because public services are basic social rights of the community (social rights or fundamental rights). The data collection method used a questionnaire method and system testing methods, namely Validity Test, Reality Test and Normality Test. To calculate the accuracy of the measuring instrument against the duque even with the reliability of the measuring instrument itself. In the reliability test, the information quality variable has a significant effect on user satisfaction. It can be proven by the significant value obtained from the reliability test of 0.400 > 0.279. of these comparisons have a significant effect on user satisfaction. The recommendation given to improve the quality of the website is to add tutorial pages or guides to find information as well as regular updates and improvements to the display design.

Item Type: Thesis (S1 Sistem Informasi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Pitrasacha Adytia, S.T., M.T Pembimbing 2 : Basrie S.Kom., M.Kom
Uncontrolled Keywords: Analisis, Webqual 4.0 Modifikasi
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Sistem Informasi
Depositing User: Mr Pery Irawan
Date Deposited: 23 Aug 2021 02:15
Last Modified: 23 Aug 2021 02:15
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/3891

Actions (login required)

View Item View Item