Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kutai Kartanegara dengan menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA)

Tresido, Bagus Galang (2021) Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kutai Kartanegara dengan menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA). S1 Sistem Informasi thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
1741069-S1-jurnal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text
1741069-S1-Sistem Informasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang muncul saat ini yaitu apakah layanan website Kesbangpol memiliki kualitas layanan yang baik bagi penggunanya. penelitian ini dilakukkan dengan mengukur tingkat kualitas layanan website Kesbangpol kota Kabupaten Kutai Kartanegara. Selain itu, dengan melakukan pengukuran tingkat kualitas layanan website Kesbangpol Kabupaten Kutai Kartanegara dapat memberikan evaluasi dan tolak ukur untuk pengembangan membuat sistem yang sesuai dengan kebutuhan penggguna dan memudahkan dalam pengggunaannya. Dari situasi tersebut maka akan dilakukkan penelitian tentang. “Analisis Kualitas Layanan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kutai Kartanegara Dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA)”. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan metode pengujian sistem yaitu Uji Validitas, Uji Realibilitas pada Importance dan Performance. Untuk menghitung hasil pengukuran kualitas layanan dengan mencari nilai rata-rata dari keseluruhan importance dan performance, pengukurang kesenjangan GAP lalu menganalisis kuadran dalam Importance Performance Analysis . Nilai rata-rata kesenjangan (GAP) pada website Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kutai Kartanegara menunjukkan hasil negaitf ( <0) yaitu sebesar -0.37. hasil tersebut menunjukkan bahwa tingkat kinerja website Badan Kesatuan Bangsa dan Politk Kabupaten Kutai Kartanegara masih kurang dan belum memenuhi hatapan pengguna, maka dari itu perlu adanya perbaikan atau peningkatan dari tiap indikator atau atribut-atribut penyataan yang akan dicari. ==========================================================The problem that arises today is whether the Kesbangpol website service has good service quality for its users. This research was conducted by measuring the level of service quality of the Kesbangpol website in the city of Kutai Kartanegara Regency. In addition, by measuring the level of service quality of the Kesbangpol website of Kutai Kartanegara Regency, it can provide evaluations and benchmarks for the development of making a system that suits user needs and makes it easier to use. From this situation, research will be conducted on. "Analysis of the Service Quality of the National Unity and Political Agency of Kutai Kartanegara Regency Using the Importance Performance Analysis (IPA) Method". The data collection method uses a questionnaire method and system testing methods, namely Validity Test, Reality Test on Importance and Performance. To calculate the results of measuring service quality by finding the average value of the overall importance and performance, measuring the GAP gap and then analyzing the quadrants in the Importance Performance Analysis. The average value of the gap (GAP) on the website of the National Unity and Political Agency of Kutai Kartanegara Regency shows a negative result (<0), which is -0.37. These results indicate that the level of performance of the website of the National Unity and Political Affairs Agency of Kutai Kartanegara Regency is still lacking and has not met the expectations of users, therefore it is necessary to improve or improve each indicator or statement attribute to be sought.

Item Type: Thesis (S1 Sistem Informasi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Pitrasacha Adytia, S.T., M.T Pembimbing 2 : Amelia Yusnita, S.Kom., M.Kom
Uncontrolled Keywords: Analisis Kualitas Layanan, Website, Metode Importance Performance Analysis.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Sistem Informasi
Depositing User: Mr Bagus Galang Tresido
Date Deposited: 20 Aug 2021 05:44
Last Modified: 20 Aug 2021 05:44
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/3831

Actions (login required)

View Item View Item