Rancang Bangun Alat Kontrol Lampu Jarak Jauh Menggunakan NodeMCU & Blynk Berbasis IoT (Internet of Things)

Apri, Yusman (2021) Rancang Bangun Alat Kontrol Lampu Jarak Jauh Menggunakan NodeMCU & Blynk Berbasis IoT (Internet of Things). S1 Sistem Informasi thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
1741118-S1-Sistem Informasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
1741118-S1-Jurnal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB) | Request a copy

Abstract

Apri, 2021, Rancang Bangun Alat Kontrol Lampu Jarak Jauh Menggunakan NodeMCU dan Blynk Berbasis Internet of Things (IoT). STMIK Widya Cipta Dharma, Pembimbing Utama, Dr. H. Nursobah, S.Kom., M.Kom, Pembimbing Pendamping, Dr. Heny Pratiwi, S.Kom., M.Pd., M.TI. Kata Kunci: Alat Kontrol Lampu, NodeMCU, Blynk, Internet of Things (IoT). Kontrol lampu jarak jauh merupakan salah satu inovasi yang dapat memudahkan pengguna ataupun masyarakat dalam menyalakan dan memadamkan lampu walaupun tidak sedang berada di tempat lampu tersebut. Dengan menggunakan NodeMCU yang terhubung dengan software Blynk maka perangkat dapat mengontrol lampu, terlebih lagi kontrol perangkat ini menggunakan perantara Smarthphone, karena software Blynk tersedia dalam sistem operasi Android maupun IOS. Sistem kontrol lampu berbasis IoT (Internet of Things) merupakan sistem yang dapat mengontrol lampu tanpa ada batasan jarak selama perangkat tersebut terkoneksi dengan jaringan internet yang stabil maka lampu tersebut dapat dikontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi atau pengamatan langsung dan metode pengembangan sistem menggunakan metode Prototyping Model (Model Prototipe), metode Protyping Model merupakan salah satu metode siklus hidup sistem yang didasarkan pada konsep model bekerja (Working Model). Kemudian metode pengujian sistem menggunakan metode Black Box Testing dan White Box Testing. Dengan adanya sistem ini dapat diterapkan pada STMIK Widya Cipta Dharma agar dapat mengontrol lampu pada setiap laboratorium maupun kelas. Manfaat lainnya ialah dapat menghemat daya listrik ketika lupa memadamkan lampu ruangan, pengguna dapat menggunakan sistem ini untuk memadamkan ataupun mengontrol lampu dari jarak jauh. ========================================================= Apri, 2021, Design and Build a Remote Light Control Device Using NodeMCU and Internet of Things (IoT) Based Blynk. STMIK Widya Cipta Dharma, Principal Advisor, Dr. H. Nursobah, S.Kom., M.Kom, Counselor Advisor, Dr. Heny Pratiwi, S. Kom., M.Pd., M.TI. Keywords: Light Control Device, NodeMCU, Blynk, Internet of Things (IoT). Remote light control is one of the innovations that can make it easier for users or the public to turn on and turn off lights even though they are not in the place of the lights. By using a NodeMCU connected to the Blynk software, the device can control the lights, moreover, control this device using a smartphone intermediary, because the Blynk software is available on both Android and IOS operating systems. An IoT (Internet of Things)-based light control system is a system that can control lights without any distance limits as long as the device is connected to a stable internet network, the lights can be controlled. The data collection method uses the direct observation method and the system development method uses the Prototyping Model (Prototype Model), the Protyping Model method is one of the system life cycle methods based on the concept of a working model (Working Model). Then the system testing method uses the Black Box Testing and White Box Testing methods. With this system, it can be applied to STMIK Widya Cipta Dharma so that it can control the lights in every laboratory and class. Another benefit is that it can save electricity when you forget to turn off the room lights, users can use this system to turn off or control lights remotely.

Item Type: Thesis (S1 Sistem Informasi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Nursobah, S.Kom., M.Kom Pembimbing II : Dr. Heny Pratiwi, S.Kom., M.Pd., M.TI
Uncontrolled Keywords: Alat Kontrol Lampu, NodeMCU, Blynk, Internet of Things (IoT).
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Sistem Informasi
Depositing User: Mr. Apri Yusman
Date Deposited: 06 Aug 2021 02:09
Last Modified: 06 Aug 2021 02:09
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/3744

Actions (login required)

View Item View Item