Irwan Maulana, Arbianto (2017) MEMBANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN BANGUN RUANG MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE MARKERLESS AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. S1 Teknik Informatika thesis, Teknik Informatika.
|
Text
1243096_Sarjana_TI.pdf Download (293kB) | Preview |
Abstract
Penggunaaan gambar dua dimensi (2D) sebagai penunjang pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan dan lebih berimajinatif sekarang ini kurang membantu mengatasi masalah di atas. Penggunaan gambar diam yang telah tersedia dalam buku teks membuat siswa cenderung pasif dan kurang interaktif karena media gambar tidak mampu memberikan respon timbal balik, kurang terlihat nyata dan kurang menarik bagi siswa. Untuk memenuhi tuntutan tersebut sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dalam bidang pendidikan, penggunaan media pembelajaran menjadi semakin beragam dan interaktif, salah satunya yang sedang marak saat ini adalah dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR). Peneliti merancang dan membangun aplikasi augmented reality. Aplikasi dibangun dengan menggunakan Unity, 3D Blender sebagai modelling, vuforia SDK untuk membentuk Augmented Reality. Hasil penelitian diujicoba ke siswa Sekolah Dasar Negeri 007 Waru Penajam Paser Utara dengan mendemokan dan siswa mengoperasikan langsung. Berdasar data dari kuisioner, aplikasi yang dibuat dapat menarik dan membantu siswa belajar bangun ruang matematika. Kata Kunci: Augmented Reality, Bangun Ruang Matematika, Markerless Augmented Reality
Item Type: | Thesis (S1 Teknik Informatika) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Awang Harsa Kridalaksana, M.Kom Pembimbing 2 : Tabrani Rija'i, S.Ag |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Teknik Informatika |
Depositing User: | Unnamed user with username Jannah |
Date Deposited: | 04 Dec 2017 07:14 |
Last Modified: | 15 Jan 2019 01:47 |
URI: | http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/357 |
Actions (login required)
View Item |