Aplikasi Pengenalan Permainan Tradisional Indonesia Berbasis Android

Saputri, Ratih Rizky (2021) Aplikasi Pengenalan Permainan Tradisional Indonesia Berbasis Android. S1 Sistem Informasi thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
1641027-S1-Jurnal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB) | Request a copy
[img] Text
1641027-S1-Sistem Informasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Permainan tradisional Indonesia adalah salah satu warisan budaya bangsa yang tumbuh di Indonesia. Seiring berkembangnya teknologi, permainan tradisional sedikit demi sedikit mulai berkurang dimainkan oleh anak-anak. Dengan adanya teknologi Android dan multimedia ini dapat membantu anak kembali mengenal permainan tradisional dengan cara yang lebih menarik. Dalam penelitian ini metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu multimedia dengan perangkat lunak pendukung adalah Construct 2, Adobe Photoshop CC 2018. Penelitian ini dilakukan pada MI Darussalam Samarinda. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan permainan tradisional Indonesia. Adapun hasil akhir dari penelitian ini yakni berupa aplikasi pengenalan permainan tradisional berbasis Android yang dapat menyajikan pembelajaran dengan lebih menarik minat anak-anak di mana di dalamnya terdapat video singkat permainan tradisional Indonesia. ========================================================= Traditional Indonesian games are one of the cultural heritage of bangsa growing in Indonesia. As technology evolved, traditional games little by little began to diminish played by children. With android and multimedia technology this can help children get back to getting to know traditional games in a more interesting way. In this research, the systems development method used is multimedia with supporting software is Construct 2, Adobe Photoshop CC 2018. This research was conducted in MI Darussalam Samarinda. The method of data collection used is to interview by asking some questions related to traditional Indonesian games The final result of this research is in the form of a traditional Indonesian game recognition app based on Android that can present learning with more interest to children where there is a short video of traditional Indonesian games.

Item Type: Thesis (S1 Sistem Informasi)
Additional Information: Pembimbing Utama : Bartolomius Harpad, S.Kom., M.Kom Pembimbing Pendamping : Yunita, SE., MM
Uncontrolled Keywords: Android, Permainan Tradisional, Pembelajaran
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Sistem Informasi
Depositing User: Ms Ratih Rizky Saputri
Date Deposited: 10 Feb 2021 01:52
Last Modified: 10 Feb 2021 01:52
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/3540

Actions (login required)

View Item View Item