Membangun Edu Game Peduli Lingkungan Berbasis Android Pada Siswa SDN 010 Bayur Samarinda

Ramadanah, Ramadanah (2020) Membangun Edu Game Peduli Lingkungan Berbasis Android Pada Siswa SDN 010 Bayur Samarinda. D3 Manajemen Informatika thesis, Stmik Widya Cipta Dharma.

[img] Text
1731020-D3-Manajemen Informatika-Jurnal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB) | Request a copy
[img] Text
1731020-D3-Manajemen Informatika-Naskah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam sebuah computer atau perangkat multimedia lainya terasa tidak lengkap bila tidak terdapat aplikasi permainan pembelajaran (Game Education) pembuatan Edu Game bisa dilakukan berbagai macam cara. Dalam pebuatan aplikasi ini penulis membuat element-element yang digunakan dalam aplikasi pembelajaran ini berupa karakter, backsound dan elemen lainya dengan memenfaatkan tool yang ada pada software Contruck2 free edition. Setiap elemet memiliki peranannya masing-masing salah satunya untuk menghidupkan suasana di Game ini, agar tujuan utama bisa tercapai yakni untuk meningkatkan kesadaran kepedulian terhadap lingkungan dan pemahamannya, khususnya untuk siswa-siswi SDN 010 Bayur samarinda. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan metode pengembangan sistem menggunakan Flowchart, Kemudian pengujian sistem yaitu Beta Testing, dan black Box agar game yang dibuat betul-betul terbebas dari suatu kesalahan atau biasa disebut Bug sehingga game yang dibuat sesuai dengan keingin para calon pengguna. Untuk itu dalam penulisan tugas akhir ini, penulis membuat media interaktif sebagai alternative penulis menggunakan software yaitu CorelDraw dan Contruck2 free edition yang merupakan sebegai alat media aplikasi Edu Game peduli Lingkungan Berbasis Android Pada Siswa SDN 010 Bayur samarinda. ============================================================ In a computer or other multimedia device, it feels incomplete if there is no game education application (Game Education), making Edu Games can be done in various ways. In making this application the authors make the elements used in this learning application in the form of characters, back sounds and other elements by utilizing the existing tools in the Contruck2 free edition software. Each element has its own role, one of which is to liven up the atmosphere in this game, so that the main goal can be achieved, namely to increase awareness of caring for the environment and understanding, especially for SDN 010 students Bayur samarinda. The data collection method uses the interview method and the system development method uses Flowcharts, then the system testing is Beta Testing, and Black Box so that the games made are completely free of errors or commonly called bugs so that games are made according to the wishes of potential users. For this reason, in writing this thesis, the author makes interactive media as an alternative to the writer using software, namely CorelDraw and Contruck2 free edition, which are media tools for Edu Game application for Android-based environmental care for students at SDN 010 Bayur samarinda.

Item Type: Thesis (D3 Manajemen Informatika)
Additional Information: Pembimbing : Ita Arfyanti, S.Kom, MM.SI
Uncontrolled Keywords: Edu Game, Contruck2 Free Edition.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Manajemen Informatika
Manajemen Informatika
Depositing User: Mr Ramadanah .
Date Deposited: 03 Sep 2020 04:49
Last Modified: 03 Sep 2020 04:49
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/3325

Actions (login required)

View Item View Item