Analisis dan Desain E-Customer Relationship Management Dengan Pendekatan Metode Rantai Nilai CRM Pada CV. Refillo

Perdana, Ogy Tirta (2020) Analisis dan Desain E-Customer Relationship Management Dengan Pendekatan Metode Rantai Nilai CRM Pada CV. Refillo. S1 Sistem Informasi thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
1641093-S1-Jurnal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
1641093-S1-Sistem Informasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Keberadaan konsumen dan pelanggan merupakan bagian penting bagi perusahaan dalam menunjang kesuksesan perusahan itu sendiri. Agar perusahaan dapat menarik pelanggan serta membangun hubungan yang baik dengan pelanggan maka diperlukan strategi dalam menjalankan proses bisnis yang mampu mengoptimalkan pemasaran, penjualan, serta pelayanan yang dikenal dengan istilah CRM. Dengan demikian maka CV. Refillo perlu memanfaatkan E-CRM, yaitu pengaplikasian CRM dengan teknologi internet, sehingga analisis dan desain E-CRM ini dibuat sebagai bahan masukkan serta pertimbangan CV. Refillo dalam mengelola kegiatan usahanya untuk dapat meningkatkan pertumbuhan pelanggan dan menjalin hubungan baik dengan pelangannya. Analisis dan desain E-CRM ini dibuat dengan pendekatan metode rantai nilai CRM yang berfokus pada jenis CRM strategis dan metode Object Oriented Analysis and Design (OOAD) untuk menganalisa serta memetakan spesifikasi sistem yang akan dibangun, dengan menggunakan UML sebagai bahasa pemodelan serta uji validasi unit dan model sebagai metode pengujian dari pemodelan yang telah dibuat. Berdasrkan hasil uji validasi yang dilakukan, disimpulkan bahwa analisis dan pemodelan atau desain yang telah dibuat telah sesuai, sehingga analisis dan desain E-CRM dengan pendekatan metode rantai nilai CRM yang telah dilakukan dapat menjadi bahan masukkan serta pertimbangan CV. Refillo untuk mendukung proses bisnisnya. ======================================================================== The existence of consumers and customers is an important part of company in supporting the success of the company itself. Order company can attract customers and build a good relationship with then the customer is needed a strategy in running a business process able to optimize marketing, sales, and services that are known with CRM. Therefore CV. Refillo needs to utilize E-CRM, which is application CRM with internet technology, so that the analysis and design of E-CRM is made as input material and consideration of CV. Refillo inside managing its business activities in order to increase customer growth and establish good relations with customers. Analysis and design of E-CRM is made using the approach CRM value chain method which is that focus on strategic CRM types and Object Oriented Analysis and Design methodology (OOAD) to analyze and mapping specifications system to be built, using UML as a language modeling include unit and model validation tests as a method of testing from modeling that has been made. Based on the results of the validation test conducted, it was concluded that the analysis and modeling or design that has been made is appropriate, so that the analysis and design E-CRM with the CRM value chain method approach that has been done can be input material as well as consideration of CV. Refillo to support business process.

Item Type: Thesis (S1 Sistem Informasi)
Additional Information: Pitrasacha Adytia, S.T., M.T Siti Lailiyah, S.Kom., M.Kom
Uncontrolled Keywords: CRM, OOAD, UML, APSI
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Sistem Informasi
Depositing User: Mr Ogy Tirta Perdana
Date Deposited: 28 Aug 2020 05:09
Last Modified: 28 Aug 2020 05:09
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/3213

Actions (login required)

View Item View Item